Find Us On Social Media :

Benarkah Tidak Boleh Minum Air Jeruk Ketika Batuk?

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 29 Agustus 2015 | 14:00 WIB

Benarkah Tidak Boleh Minum Air Jeruk Ketika Batuk?

Intisari-Online.com - Sebagian dari kita sepertinya sering mendengar bahwa kita tidak boleh minum air jeruk ketika batuk. Ada yang percaya dan ada pula yang tidak tentang pernyataan tersebut. Lalu sebenarnya, bagaimana hubungan air jeruk dengan batuk terhadap tubuh kita?

Sebuah penelitian dalam Singapore Medical Journal menunjukan bahwa mengonsumsi air jeruk tidak menyebabkan batuk akibat alergi pada mereka yang menderita asma. Air jeruk yang murni mengandung banyak vitamin C yang justru membantu pemulihan flu, yang merupakan penyebabkan batuk.

Dalam penelitian lain juga disebutkan bahwa seseorang yang mendapatkan asupan vitamin C lebih tinggi, maka ia akan cenderung lebih rendah mengalami batuk.

Namun, untuk sebagian orang yang sensitive terhadap jeruk atau sedang mengalami radang ternggorakan, maka rasa asam dari jeruk justru memang akan memancing batuk. Oleh karena itu, dokter atau ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi air jeruk saat sedang batuk.

Jika sedang batuk, lebih baik kita menghindari air jeruk. Kita bisa mendapatkan vitamin C dari buah lainnya, seperti apel.

Jadi, memang ada benarnya jika kita tidak boleh minum air jeruk ketika batuk. (Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan”. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama)