Find Us On Social Media :

9 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Migrain (1)

By Lintang Bestari, Jumat, 4 September 2015 | 14:00 WIB

9 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Migrain (1)

Intisari-Online.com - Meskipun tidak terlalu berbahaya, namun migrain bisa mengacaukan kegiatan sehari-hari begitu ia menyerang. Menurut Lee Peterlin, pemimpin penelitian mengenai sakit kepala di John Hopkins University, ada makanan tertentu yang memicu migrain meskipun terkadang efeknya berbeda-beda ke setiap orang. Inilah 9 makanan dan minuman yang bisa menyebabkan migrain:AlkoholWine, terutama yang merah dipercaya sebagai salah satu pemicu migrain. Menurut sebuah review yang dilakukan para peneliti di Brazil, penderita migrain mengatakan bahwa alkohol memainkan peran besar pada serangan sakit kepala mereka, yakni sekitar 30% atau lebih. Alasannya masih diperdebatkan, namun para ahli yakin bahwa kandungan tertentu pada wine seperti  tannin dan flavonoid merupakan penyebab utamanya. Studi di tahun 2014 menyatakan bahwa anggur merah yang mengandung lebih banyak tanin kemungkinan yang paling memicu migrain lebih sering. Plus, minum alkohol bisa membuat dehidrasi, yang mana berpengaruh pada sakit kepala.

KafeinJika Anda rentan terhadap migrain, mungkin Anda ingin mempertimbangkan kembali asupan kopi atau soda Anda: terlalu banyak mengonsumsi kedua minuman tersebut bisa menimbulkan serangan migrain, kemungkinan karena kafein bertindak pada beberapa reseptor di otak yang berhubungan dengan migrain, berdasarkan salah satu penelitian di tahun 2009. Batasi minuman manis dan berkafein, sebaiknya konsumsi hanya 8 hingga 12 ons per harinya.

Keju BerumurKeju yang usianya sudah cukup lama sangat disukai karena rasa dan teksturnya yang baik. Namun, jenis keju tersebut justru dinilai sebagai alah satu dari 9 makanan yang menyebabkan migrain. Para peneliti belum yakin hal spesifik apa yang mempengaruhinya, tapi salah satu komponen keju berumur yang bernama tyramines berinteraksi dengan neurotransmitter di tubuh yang akhirnya menyebabkan migrain.

Daging yang diprosesRebecca Traub, MD, ahli syaraf di ColumbiaDoctors mengatakan, hot dog, sosis, bahkan sandwich yang kita makan saat siang bisa menjadi penyebab migrain juga. Daging berproses tersebut mengandung pengawer bernama sodium nitrat. Para peneliti beranggapan bahwa bahan buatan tersebut mengubah zat kimia di otak yang berkontribusi pada sakit kepala.

MSGKita mungkin familiar dengan monosodium glutamate (MSG) – ia sudah terkenal ‘jahat’ selama beberapa tahun karena kaitannya dengan obesitas. Tak banyak yang tahu bahwa MSG juga bisa menyebabkan migrain. Meskipun belum terbukti benar, namun studi di tahun 2008 mengatakan bahwa 2,5% sakit kepala disebabkan oleh makanan yang mengandung MSG. (time.com)