Find Us On Social Media :

Ardhito Pramono Pingsan Gegara Maag Akut: Ini Ciri-ciri dan Akibatnya

By Ade S, Senin, 13 Februari 2023 | 08:14 WIB

Ardhito Pramono pingsan gara-gara maag akut yang diidapnya

Intisari-Online.com - Penyanyi diketahui Ardhito Pramono pingsan saat sedang mengisi sebuah acara di Sumatera Utara, Sabtu (11/2/2023).

Pelantung lagu sudah tersebut terekam kamera jatuh di panggung tak lama usai menyelesaikan satu lagi.

Satu hari kemudian, tepatnya Minggu (13/2/2023), Ardhito kemudian menjelaskan bahwa dirinya pingsan di panggung karena maag akut yang dideritanya.

Ternyata selama ini saya mengidap maag akut yang membuat insiden yang kurang mengenakan semalam,” tulis Ardhito dalam Instagram story @ardhitopramono, Minggu (12/2/2023).

“Jam makan berantakan, kurang tidur dan istirahat. Sekali lagi tolong jaga kesehatan,” tambah Ardhito.

Maag akut sendiri, seperti yang diakui diderita oleh Ardhito Pramono, adalah kondisi yang ditandai dengan rasa sakit dan tidak nyaman di bagian atas perut.

Ini adalah masalah yang serius dan dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan dalam dari lambung kita.

Melansir Mayo Clinic, Senin (13/2/2023), maag akut dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis utama, yaitu tukak lambung, peradangan lambung, dan tukak duodenum:

1) Tukak lambung adalah luka pada lapisan dalam dari lambung yang disebabkan oleh asam lambung yang membahayakan sel-sel.Ini adalah kondisi yang sering terjadi dan dapat menyebabkan rasa sakit di bagian atas perut, mual, dan muntah.

2) Peradangan lambung adalah peradangan pada lapisan dalam dari lambung. Ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri seperti Helicobacter pylori atau penggunaan obat-obatan yang membahayakan lambung. Gejala yang paling umum meliputi rasa sakit di bagian atas perut, mual, dan muntah.

3) Tukak duodenum adalah luka pada bagian awal dari usus halus yang bersebrangan dengan lambung. Ini dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak cocok, stres, atau penggunaan obat-obatan tertentu. Gejala yang paling umum meliputi rasa sakit di bagian atas perut, mual, dan muntah.

Baca Juga: Punya Sakit Maag Ardhito Pramono Pingsan di Panggung, Jangan Sepelekan! Ini Ciri-ciri Maag yang Sudah Parah