Find Us On Social Media :

Sudah Benarkah Makanan yang Kita Berikan Kepada Bayi?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 6 September 2015 | 06:00 WIB

Sudah Benarkah Makanan yang Kita Berikan Kepada Bayi?

Intisari-Online.com - Bayi yang baru lahir sangat membutuhkan makanan yang baik untuk pertumbuhan serta pengembangan tubuh mereka. Memperkenalkan makanan kepada bayi juga harus pada waktu yang tepat agar bayi dapat memiliki gizi yang cukup dan benar. Bagi kita yang memiliki bayi, sudah benarkah makanan yang kita berikan kepada bayi kita?

1. Memberi ASI

Kita tahu bahwa penting untuk bayi yang baru lahir mengonsumsi ASI. Ini paling tidak dilakukan hingga bayi berusia satu atau dua tahun.

2. Mengenalkan makanan padat

Makanan padat diberika kepada bayi yang jika sudah siap menerimanya. Kebanyakan bayi siap pada sekitar enam bulan. Makanan padat yang dapat dikenalkan adalah sayuran yang diharuskan hingga lunak. Pada usia enam bulan, cadangan zat besi yang dibawa sejak lahir akan mulai memudar, sehingga mengenalkan makanan padat kaya akan zat besi adalah penting.

3. Memberi makanan alami atau olahan?

Tubuh bayi akan menghasilkan kesehatan dan kekebalan dari apa yang mereka konsumsi. Memilih makanan alami untuk bayi tentunya adalah pilihan yang tepat dibandingkan makanan olahan karena mengandung pengawet serta bahan kimia lainnya.

4. Makanan higienis

Makanan yang higienis atau bersih sangat penting untuk bayi, terlebih lagi tubuh bayi yang masih rentan dengan benda asing, termasuk kuman. Tidak hanya memasak di lingkungan yang bersih, peralatan yang digunakan serta tangan yang menyiapkan makanan juga haruslah terhindar dari kuman.

5. Pola makan yang seimbang

Ketika memperkenalkan makanan baru kepada bayi, yang harus diperhatikan adalah kebutuhan gizinya. Makanan yang dikenalkan, misalnya kentang yang ditumbuk, roti, beras, telur, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Makanan yang bergizi penting bagi bayi untuk pertumbuhannya. Lalu, sudah benarkah makanan yang ktia berikan kepada bayi kita selama ini?