Find Us On Social Media :

8 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 26 September 2015 | 08:00 WIB

8 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Intisari-Online.com - Alpukat sudah menjadi salah satu buah yang terkenal dan hampir semua orang menyukainya. Selain mengandung air, alpukat juga mengandung karbohidrat, lemak, serat, protein, berbagai tingkat kalium, fosfor, magnesium, kalsium, seng, folat, dan berbagai vitamin penting. Dari berbagai kandungan yang dimilikinya dan untuk lebih jelas berikut adalah manfaat alpukat bagi kesehatan:

1. Menurunkan kolestrol darah

Asupan yang banyak dari alpukat akan menurunkan LDL, yaitu kolestrol buruk dan pada waktu yang sama akan meningkatkan HDL, yaitu kolestrol baik di dalam tubuh.

2. Mengontrol tekanan darah

Alpukat juga mengandung potasium yang membantu mengontrol tekanan darah.

3. Mengatur gula darah

Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat mampu membalikkan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh secara teratur dalam mengatur kadar gula darah.

4. Peluang melindungi dari kanker

Meski penelitian menunjukkan alpukat dapat mencegah kanker kulit, mulut, dan kelenjar prostat masih terbukti pada hewan, namun penelitian sedang dilakukan pada manusia dan memiliki harapan.

5. Anti peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa alpukat dapat melawan efek anti peradangan karena kandungan nutrisinya. Dengan demikian dapat mengurangi risiko gangguan peradangan.

6. Membantu menambah berat badan