Find Us On Social Media :

Trik Minimalkan Bakteri pada Masakan!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 11 Oktober 2015 | 13:00 WIB

Trik Minimalkan Bakteri pada Masakan!

Intisari-Online.com - Meski mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah, namun tidak berarti makanan terbebas dari bakteri. Seperti yang kita ketahui, bakteri merupakan salah satu musuh bagi kesehatan. Oleh karena itu, kebersihan saat memasak sangat penting diperhatikan. Ada beberapa cara untuk meminimalkan bateri pada masakan:

1. Sayuran yang dibeli biasanya mengandung zat kimia dari pestisida dan ayam bisa mengandung bakteri hingga 60%. Oleh karenanya, bersihkanlah setiap bahan masakan dengan benar, gunakan air yang mengalir saat mencuci setiap bahan.

2. Kebersihan tangan juga menjadi hal yang penting, jadi jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan bahan masakan, seperti saat memegang daging mentah. Agar lebih steril, gunakanlah air hangat dan sabun untuk mencuci tangan selama 20 detik. Jika tangan terdapat luka, tutup terlebih dulu agar tidak terkontaminasi dengan bakteri pada makanan.

3. Pastikan piring yang digunakan untuk menaruh makanan sudah bersih. Jangan menggunakan piring yang sebelumnya sudah digunakan untuk menaruh bahan makanan, karena ini akan mengundang kembali bakteri hidup pada makanan.

4. Kebersihan dapur juga harus diperhatikan, sehingga kita tidak boleh malas untuk membersihkan setiap sudut di dapur. Gunakan satu sendok teh larutan pembesih yang dicampur dengan air untuk memberishkan permukaan dapur serta seluruh peralatan memasak. Untuk pisau dan talenan, bersihkan terlebih dulu setelah digunakan untuk memotong daging mentah, sebelum untuk digunakan kembali memotong bahan masakan lain.

5. Jika menggunakan alat pembuka kaleng, bersihkanlah alat tersebut sebelum dan sesudah menggunakan.

6. Jangan meninggalkan terlalu lama makanan di suhu ruangan yang dikeluarkan dari kulkas, karena akan memicu berkembangnya bakteri.

7. Alat pencuci peralatan masakan juga harus dijaga kebesihannya, seperti spons. Spons basah merupakan tempat yang paling nyaman untuk bakteri untuk berkembang biak. Paling tidak selama satu minggu sekali, cuci spons dengan air hangat.

Minimalkan bakteri pada masakan agar kita tetap mendapatkan tubuh yang kesehatan. (Maria Immaculata R. A. & Antonius Sulistyo P. dalam “Menjaga Penampilan dan Kesehatan Perempuan”. Penerbit: Buku Kompas)