Find Us On Social Media :

Nasib Selir Kaisar China Jika Sang Raja 'Mangkat', Dikubur Bersama?

By Ade S, Kamis, 9 Februari 2023 | 09:59 WIB

Ilustrasi selir kaisar China. Gong Li dalam film Curse of the Golden Flower.

Intisari-Online.com - Pada masa kekaisaran Tiongkok kuno, seorang kaisar China akan memiliki banyak wanita di istana kerajaannya, dari mulai permaisuri hingga para selir.

Beberapa dari mereka bahkan memperoleh kekuatan politik hingga mampu memengaruhi sejarah. Meski tidak sedikit juga yang harus mengalami akhir yang kejam dan tragis.

Permaisuri (dalam bahasa Tionghoa disebut "Huang Hou") adalah istri kaisar, dan ibu dari semua anak kaisar, termasuk mereka yang dilahirkan oleh selir kekaisaran.

Seorang permaisuri akan mendapatkan upacara penobatan akbar dan dihormati sebagai "setengah raja" dan ibu dari kekaisaran.

Selain permaisuri, kaisar china juga biasanya memiliki selir yang biasanya secara khusus ditunjuk ke dalam beberapa hierarki.

Dilansir dari chinafetching.com, Kamis (9/2/2023), dalam keadaan tertentu, seperti permaisuri saat ini meninggal atau dilengserkan, maka para selir ini memiliki kesempatan untuk dipromosikan sebagai permaisuri baru.

Janda Permaisuri biasanya adalah ibu dari kaisar saat ini, dan terkadang orang yang bertanggung jawab atas kekaisaran jika kaisar masih terlalu muda.

Berapa banyak istri yang dapat dimiliki seorang Kaisar Tiongkok?

Umumnya, seorang kaisar Tiongkok akan memiliki satu permaisuri yang masih hidup. Namun terkadang, jika seorang permaisuri meninggal sebelum kaisar, dia akan tetap memiliki gelar permaisuri.

Namun, permaisuri juga merupakan posisi dengan kekuatan politik. Hal inilah yang membuat beberapa kaisar China memilih untuk tidak memiliki permaisuri, demi mempertahankan otoritas absolut mereka.

Baca Juga: Kisah Selir Kaisar China, Selain Dijadikan Pemuas Juga Harus Bersaing Untuk Hal Ini