Find Us On Social Media :

Apa Saja Manfaat Nanas Bagi Tubuh?

By Monalisa Darwin D, Rabu, 14 Oktober 2015 | 07:00 WIB

Apa Saja Manfaat Nanas Bagi Tubuh?

Intisari-Online.com - Meski nanas dikatakan menjadi salah satu makanan yang menyebabkan keputihan pada wanita, namun buah tropis satu ini tetap memiliki banyak kandungan yang baik untuk kita. Salah satu manfaat nanas bagi tubuh adalah mencegah berbagai penyakit karena kandungan vitaminnya, yaitu vitamin A dan C.

Nanas juga menjadi sumber antioksidan, dimana dapat membantu dalam meghentikan reaksi berantai yang membentuk radikal bebas di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas diyakini menjadi biang dari banyak penyakit.

Harus kita ketahui bahwa tubuh manusia rentan terhadap radikal bebas yang biasanya bersumber dari asap kendaraan bermotor dan bahan pengawet makanan. Ketika radikal bebas masuk ke dalam tubuh, maka akan menjadi reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas baru, yang kemudian jumlahnya terus bertambah. Radikal bebas ini pun akan menyerang sel-sel di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

Selain itu, nanas juga mengandung serotonin yang dapat membantu pencegahan kanker serta stres. Jika kita mengonsumsi makananyang rendah serotonin dalam jangka waktu yang lama, maka akan memengaruhi kandungan serotonin di dalam otak, sehingga memicu terjadinya stres.

Vitamin lain yang dimiliki nanas adalah B1, dimana vitamin ini memiliki peran mengubah karbohidrat menjadi energi. Yang terakhir adalah nanas mengandung enzim bromelain yang mampu menguraikan protein.

Nah, ternyata begitu banyak manfaat nanas bagi tubuh kita. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi nanas, ya selama dalam jumlah yang tidak berlebih. (Maria Immaculata R. A. & Antonius Sulistyo P. dalam “Menjaga Penampilan dan Kesehatan Perempuan”. Penerbit: Buku Kompas)