Find Us On Social Media :

8 Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Pencernaan Kita (1)

By Lintang Bestari, Senin, 19 Oktober 2015 | 10:30 WIB

8 Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Pencernaan Kita (1)

Intisari-Online.com - Sembelit bisa disebabkan banyak hal: diet yang buruk, kurang olahraga dan stres juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan di toilet. Pada beberapa kasus, menambahkan serat pada diet kita bisa membantu melancarkan buang air besar. Berikut ada 8 makanan dan minuman yang bagus untuk pencernaan kita:

RaspberrySemua buah berry kaya akan serat, namun raspberry yang paling menonjol. Dengan mengonsumsi 8 gram raspberry, sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya. Sediakan raspberry di rumah sehingga ketika sembelit menghadang, kita bisa langsung makan raspberry. Bisa dicampur dalam sereal ataupun oatmeal!

KopiMungkin minum kopi sudah menjadi kebiasaan Anda di pagi hari; kafein dalam kopi memang bisa meransang otak dan membuat kita lebih semangat menjalani hari. Selain manfaat itu, kafein pada kopi juga memiliki efek pencahar bagi sebagian orang. Kafein merangsang kontraksi di usus besar manusia sehingga membuat pencernaan lebih lancar. Namun, kita perlu berhati-hati karena terlalu banyak minum kopi malah membuat kita diare! Dua sampai tiga gelas perhari adalah jumlah yang aman.

AirDehidrasi adalah salah satu penyebab umum dehidrasi. Jika kita tidak minum air yang cukup sehari-hari, maka siap-siap susah buang air. Pastikan minum air mineral yang cukup, terutama sehabis berolahraga dan di hari yang sangat panas.

JerukSalah satu dari 8 makanan dan minuman yang bagus untuk pencernaan kita adalah jeruk. Lupakan jus jeruk Anda dan mulailah makan buahnya secara utuh. Buah jeruk memiliki 2 gram serat, sedangkan versi jusnya tidak mengadung serat sama sekali. Sebuah studi di tahun 2008 mengatakan bahwa naringenin, komponen yang berada pada jeruk, memiliki efek pencahar.