Find Us On Social Media :

Benarkah Mentimun Menyebabkan Keputihan?

By Monalisa Darwin D, Senin, 26 Oktober 2015 | 07:00 WIB

Benarkah Mentimun Menyebabkan Keputihan?

Intisari-Online.com - Banyak wanita yang percaya bahwa mengonsumsi mentimun menjadi penyebab keputihan, sehingga mereka menghindari mentimun. Tahukah kita sebenarnya mentimun tidak menyebabkan keputihan?

Peneliti pada Nutrifood Research Center tidak menemukan studi mengenai hubungan antara konsumsi mentimun dengan vagina. Secara alami, produksi cairan pada vagina akan meningkat di waktu tertentu, seperti pada saat ovulasi atau menyusui.

Selain itu, selama cairan yang keluar dari vagina berwarna bening atau putih susu dan tidak berbau, maka tidak perlu khawatir karena hal tersebut normal. Namun, harus diwaspadai jika cairan berubah warna, menimbulkan bau yang tidak sedap, hingga menyebabkan area vagina gatal-gatal. Itu artinya sedang terjadi infeksi di daerah kewanitaan. Segera konsultasikan ke dokter agar tidak menjadi masalah yang lebih serius.

Hal yang penting harus dijaga adalah kebersihan organ intim agar tidak menimbulkan kuman atau bakteri yang akan menjadikan penyakit membahayakan. Jadi, jangan ragu untuk makan mentimun, ya karena mentimun tidak menyebabkan keputihan. (Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan”. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama)