Find Us On Social Media :

Nutrisi yang Tepat bagi Kita yang Sibuk

By Monalisa Darwin D, Senin, 2 November 2015 | 07:00 WIB

Nutrisi yang Tepat bagi Kita yang Sibuk

Intisari-Online.com - Bagi mereka yang sangat sibuk dengan dengan pekerjaan atau kegiatannya membuat mereka beralasan sulit mendapatkan pola hidup yang sehat. Tidak hanya cukup berolahraga, namun asupan makanan juga menjadi hal yang penting dan harus diatur sedemikian baiknya. Nah, ada beberapa nutrisi yang tepat bagi kita yang sibuk yang harus diperhatikan agar kondisi tubuh selalu bugar:

Karbohidrat nyatanya penting bagi semua makhluk hidup. Komponen makanan yang ada di dalamnya meliputi oksigen, hidrogen, dan atom karbon. Semua komponen tersebut menjadi sumber energi yang dapat memacu otak serta otot-otot tubuh dan mengantarkan energi ke berbagai fungsi tubuh. Makanan yang mengandung kabohidrat adalah nasi, kentang, atau roti.

Meski sering dihindari, namun lemak penting sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Yang penting adalah tidak mengonsumsinya dengan jumlah yang berlebih. Lemak juga akan membuat tubuh mendapat asam lemak esensial yang memberikan manfaat bagi kulit dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, lemak juga berfungsi melarutkan vitamin A, D, E, dan K yang baik untuk mata serta peredaran darah.

Protein berfungsi sebagai sumber asam amino yang digunakan tubuh untuk membangun dan mengganti sel-sel yang rusak. Protein dapat ditemukan dalam makanan, seperti kacang-kacangan, keju, atau daging.

Kalsium berfungsi memperkuat tulang dan gigi manusia. Tulang yang kuat dan sehat tentunya penting untuk kita yang sibuk beraktifitas. Sumber protein dapat diperoleh dari susu dan keju.

Keseimbangan zat cair serta penyerapan air di dalam tubuh harus dijaga dengan baik, sehingga sodium yang terkandung pada garam tidak boleh ditinggalkan.

Kalium bersama sodium di dalam tubuh berfungsi meningkatkan ekuilibrium air dan detak jantung. Sumber kalium dapat ditemukan dalam buah-buahan, seperti pisang dan jeruk.

Mulai sekarang, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi makanan yang sehat karena alasan sibuk, ya karena nutrisi yang tepat bagi kita yang sibuk dengan mudah bisa kita temukan. (Maria Immaculata R. A. & Antonius Sulistyo P. dalam “Menjaga Penampilan dan Kesehatan Perempuan”. Penerbit: Buku Kompas)