Find Us On Social Media :

Gluten, 'Lem' Makanan yang Dihindari Sepertiga Orang Amerika

By Lila Nathania, Senin, 23 November 2015 | 15:30 WIB

Gluten, 'Lem' Makanan yang Dihindari Sepertiga Orang Amerika

Intisari-Online.com – Orang yang peduli kesehatan pasti sudah berkali-kali membicarakan gluten. Semua orang selalu membicarakan gluten, apa sih gluten itu?

Saat ini ada begitu banyak makanan yang ditulisi gluten-free karena kian banyak orang memiliki alergi gluten. Sebenarnya apa sih gluten itu? Nah, gluten adalah makanan yang terdiri dari dua protein; gliadin dan glutenin. Gluten dapat ditemukan pada gandum, barley, rye, dan jenis-jenis lain dari tiga zat tersebut.

Gluten berfungsi seperti lem pada makanan. Karena itulah roti, pasta, pizza bisa menyatu karena dilengketkan oleh zat gluten. Zat gluten juga muncul di beberapa jenis makan lain seperti permen, kecap, pewarna makanan, bahkan kosmetik serta obat-obatan.

Sekarang sudah sepertiga orang Amerika tidak mengonsumsi gluten dengan berbagai alasan. Ada yang memang alergi (celiac disease) atau ingin lebih sehat. Beberapa tahun ini memang gluten mendapat predikat buruk sebab para dokter menganggap zat yang satu ini memiliki kaitan erat dengan penyakit autisme serta alzheimer. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa gluten secara umum berdampak buruk untuk kesehatan.

Dalam perdebatan yang tak kunjung henti ini makin banyak orang yang mengalami celiac disease. Penyakit ini membuat orang rusak ususnya jika memakan gluten. Kerusakan usus ini bisa membuat sang penderita mengalami problem serius mulai dari osteoporosis, masalah kesuburan, hingga kanker usus.

Walau semua hal tentang gluten masih menjadi kontroversi hingga sekarang, setidaknya mulai hari ini Anda sudah paham dengan apa yang disebut gluten.

(yahoo.com)