Find Us On Social Media :

10 Makanan Ini Bisa Memperpanjang Umur: Makanan Pedas dan Makanan Fermentasi

By Agra Winona, Selasa, 24 November 2015 | 12:30 WIB

10 Makanan Ini Bisa Memperpanjang Umur: Makanan Pedas dan Makanan Fermentasi

Intisari-Online.com - Siapa yang tidak ingin berumur panjang? Caranya mudah, cukup menjalani gaya hidup sehat dan jangan lupa konsumsi 10 makanan yang bisa memperpanjang umur kita berikut ini:

1. Makanan pedas

Menurut penelitian di China, cabai atau bumbu pedas lainnya bisa menambah umur kita. Berdasarkan studi dengan 500.000 partisipan, mereka yang memakan makanan pedas setidaknya sekali dalam seminggu selama empat tahun, mengurangi risiko kematian sebanyak sepuluh persen, sementara yang memakannya selama tiga sampai tujuh hari dalam seminggu risikonya berkurang hingga lima belas persen. Capsaicin, zat yang memberikan rasa pedas diperkirakan menjadi penyebabnya, capsaicin mengandung zat antioksidan, anti-obesitas dan zat anti kanker.

2. Protein

Konsumsi protein dalam jumlah yang tepat, terlalu banyak atau terlalu sedikit protein justru bisa mengurangi umur kita. Untuk memperpanjang umur, National Institute of Health merekomendasikan setidaknya 10 sampai 20 persen dari total asupan kalori didapatkan dari protein.

3. Probiotik

Makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, dan lainnya mengandung banyak bakteri yang tidak hanya bisa memperpanjang umur kita tapi juga menjaga kesehatan kulit dan rambut.

4. Gandum

Orang-orang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, terutama gandum, memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Kemungkinan karena serat membantu mengontrol gula darah dan pencernaan.

5. Ikan

Orang yang memakan banyak ikan memiliki kadar omega 3 yang lebih tinggi di dalam darah yang berarti risiko kematiannya berkurang hingga 27 persen. Ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang kaya dengan asam lemak seperti salmon, sarden, tuna dan dikonsumsi setidaknya satu prosi perminggu.