Find Us On Social Media :

10 Makanan ini Bisa Memperpanjang Umur: Kopi dan Anggur Merah

By Agra Winona, Selasa, 24 November 2015 | 13:00 WIB

10 Makanan ini Bisa Memperpanjang Umur: Kopi dan Anggur Merah

Intisari-Online.com - Siapa yang tidak ingin berumur panjang? Caranya mudah, cukup menjalani gaya hidup sehat dan jangan lupa konsumsi 10 makanan yang bisa memperpanjang umur kita berikut ini:

6. Kacang

Studi di Harvard Medical School menemukan mengonsumsi kacang almond, pistachios dan kacang-kacang lainnya mengurangi risiko kematian sebanyak 20 persen. Walaupun alasannya masih belum jelas, peneliti memperkirakan alasannya adalah karena kacang membuat kita merasa kenyang lebih cepat dan membantu mengontrol gula darah. Selain itu, kacang juga mengandung banyak mineral penting seperti magnesium, protein dan juga serat.

7. Buah Beri

Stroberi, blueberry, dan buah beri lainnya jika dikonsumsi beberapa kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko kematian hingga 30%, alasannya adalah kandungan polyphenol, nutrisi yang mampu mencegah penyakit-penyakit degeneratif.

8. Sayuran

Satu porsi sayuran perhari mengurangi risiko kematian hingga lima belas persen, tidak hanya itu, sayuran juga melindungi otak dari efek penuaan.

9. Kopi

Penelitian yang melibatkan penduduk Pulau Ikaria, pulau yang dikenal dengan penduduknya yang berumur panjang, menemukan bahwa mereka yang meminum kopi tradisional hidup paling lama. Kopi tradisional mereka tidak hanya mengandung banyak polyphenol dan antioksidan tapi juga rendah kafein. Studi lain dalam New England Journal of Health and Medicine menemukan bahwa mengonsumsi kopi biasa pun bisa memperpanjang umur, kuncinya adalah dengan membatasi satu cangkir kopi sehari.

10. Anggur merah dan minyak zaitun

Menurut studi Harvard, mereka yang mengikuti pola makan diet mediterania adalah salah satu dari orang-orang dengan umur terpanjang di dunia. Bahkan para peneliti menemukan bahwa diet ini memanjangkan telomeres, ujung dari kromosom yang biasanya memendek seiring bertambahnya umur. Untuk berumur panjang, konsumsi ikan, daging unggas, gandum, sayur, buah dan jangan lupa segelas anggur merah!