Find Us On Social Media :

Tak Hanya untuk Mata, Wortel Juga Bagus untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 26 Februari 2016 | 15:00 WIB

Tak Hanya untuk Mata, Wortel Juga Bagus untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Intisari-Online.com - Tak hanya untuk mata, ternyata wortel juga bagus untuk menurunkan risiko kanker payudara. Itulah hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition belum lama ini. Dalam penelitian itu disebutkan, rutin mengonsumsi wortel bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 60%.

Kita tahu, wortel kaya dengan betakaroten. Ini adalah zat kimia alami yang membuat makanan nabati berwarna cerah. Para ilmuwan dari Eropa mempelajari 1.500 perempuan yang didiagnosis dengan tumor payudara dan sekitar 1.500 perempuan yang bebas kanker.(Baca juga: Wortel juga bagus untuk meningkatkan kinerja sperma

Dalam riset ini para peneliti mencatat kebiasaan pola makan dan melakukan tes darah untuk mengukur kadar beta-karoten, serta zat nabati lain seperti vitamin C dan lycopene di dalam tubuh. hasilnya, perempuan yang tinggi kadar beta-karoten karena konsumsi wortel maupun paprika, 40-60% lebiih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker payudara.

Para ilmuwan percaya, beta karoten secara alami memberikan efek perlindungan pada tubuh. Beta-karoten juga terkandung dalam bayam, paprika merah, dan buah mangga. Perempuan yang konsumsi makanan tersebut secara rutin, juga 40-60% lebih rendah risikonya terkena kanker payudara.

Sementara itu, menurut pejabat kesehatan setempat, beta-karoten sangat penting karena itu akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dr Richard Berks menegaskan, mengurangi risiko kanker adalah dengan gaya hidup sehat. Menurut dia, sayuran sangat penting selalu ada dalam piring makan.(Baca juga: Tak hanya itu, wortel juga bagus untuk otak

“Kami sudah lama mengetahui, diet yang sehat, termasuk makan wortel dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara. Sebab, makan sehat membantu menjaga berat badan yang sehat,” jelas Berks. Selain melakukan pola makan seimbang, Richard mengimbau masyarakat untuk lebih aktif bergerak dan membatasi asupan alkohol.