Find Us On Social Media :

6 Asupan Tepat yang Harus Dikonsumsi Wanita Hamil

By Monalisa Darwin D, Rabu, 9 Maret 2016 | 13:30 WIB

6 Asupan Tepat yang Harus Dikonsumsi Wanita Hamil

Intisari-Online.com - Wanita hamil harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Tidak hanya untuk diri mereka sendiri, namun asupan yang dikonsumsi juga menjadi asupan bagi bayi di dalam perut mereka. Berikut ini adalah 6 asupan tepat yang harus dikonsumsi wanita hamil secara teratur:

1. Ikan salmon

Seperti yang sudah kita ketahui, salmon mengandung asam lemak omega 3, protein, dan vitamin B, yang semuanya baik untuk otak serta mata bayi. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan dipanggang atau ditaburkan pada salad.

2. Gandum

Wanita hamil harus mengonsumsi roti, sereal, pasta, dan nasi yang terbuat dari gandum, karena mereka kaya akan zat besi dan asam folat.

3. Buah-buahan dan sayuran segar

Buah dan sayur, terutama yang berjenis daun hijau adalah sebuah keharusan yang dikonsumsi wanita hamil. Makanan ini sarat dengan 7 nutrisi penting yang dibutuhkan si ibu serta bayi yang dikandung. Ini juga termasuk tauge dan kacang-kacangan.

4. Alpukat

Alpukat juga kaya akan asam folat, yang penting untuk pembentukan otak serta sistem saraf bayi. Selain itu, alpukat juga mengandung kalium, vitamin C, dan vitamin B6, yang membantu pertumbuhan jaringan serta otak bayi. Yang perlu diperhatikan adalah buah ini tinggi lemak, sehingga harus membatasi asupannya.

5. Kacang

Almond dan kenari menjadi makanan yang berpengaruh besar untuk pengembangan intelektual anak, Jenis kacang lain, seperti mete dan kacang tanah juga kaya nutrisi, yaitu tembaga, mangan, magnesium, selenium, kalium, kalsium, dan vitamin E.

6. Susu

Makanan yang kaya kalsium harus dikonsumsi dalam jumlah lebih karena mereka membantu dalam perkembangan tulang bayi selama di dalam kandungan. Oleh karena itu, yoghurt dan susu rendah lemak harus dikonsumsi setiap harinya.

Itulah 6 asupan tepat yang harus dikonsumsi wanita hamil secara rutin agar tetap sehat, termasuk bayi di dalam perut. (magforwomen.com)