Find Us On Social Media :

Ini Dia Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 13 Maret 2016 | 13:30 WIB

Ini Dia Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan!

Intisari-Online.com - Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau pelengkap makanan, nyatanya bawang merah memiliki banyak manfaat. Daun bawang merah juga dapat dimasak dan mengandung nutrisi yang sama seperti umbi-umbian. Lebih lanjut, ini dia manfaat bawang merah bagi kesehatan kita:

1. Sumber zat besi

Zat besi sangat penting untuk sistem fungsi sel darah merah, mempertahankan tingkat yang baik dari hemoglobin, dan menguatkan jaringan tubuh.

2. Memiliki kandungan serat yang baik

Bawang merah memiliki banyak serat, yang akan membantu pencernaan. Oleh karenanya masakan yang menggunakan bawang merah akan bermanfaat untuk perut dan mencegah sembelit.

3. Memiliki kandungan kalium

Kalium dalam bawang merah membantu mengatur kadar cairan tubuh. Dosis yang baik bawang merah dalam diet akan membantu mengurangi masalah jantung serta mencegah kram otot dan kelemahan.

4. Baik untuk jantung

Antikoagulan yang ditemukan di bawang merah berguna dalam melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. Ini juga mengandung allicin, dimana menghentikan pembentukan trombosit beku pada pembuluh darah dan mengurangi masalah jantung. Selain itu juga akan membantu tubuh memproduksi anti-koagulan yang mengencerkan darah serta mengurangi risiko penyakit aterosklerosis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang merah yang menjadi bahan masakan, ternyata dapat dikonsumsi mentah, yang juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjangkitnya flu serta demam.

6. Rendah kalori