Find Us On Social Media :

11 Makanan Penting Bagi Pertumbuhan Anak (2)

By Monalisa Darwin D, Kamis, 14 April 2016 | 06:30 WIB

11 Makanan Penting Bagi Pertumbuhan Anak (2)

Intisari-Online.com - Memberikan makanan yang sehat dan tepat adalah tugas orang tua. Di masa pertumbuhan, anak cenderung menyukai “junk food”, dimana makanan ini mengandung pemanis buatan, garam yang berlebihan, dan tentu ini tidak bergizi. Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat harus ditanamkan pula sejak anak masih berusia dini. Ini dia 11 makanan penting bagi pertumbuhan anak:

7. Kismis

Kismis mengandung kalsium dan kalium yang membantu membangun tulang pada pertumbuhan anak. Kismis juga dapat melawan anemia dan memiliki sifat anti-kanker, serta menjaga kesehatan gigi dan jantung. Ini juga dapat menjadi pengganti gula atau pemanis lainnya.

8. Buah kenari atau walnut

Kenari dipercaya menjadi asupan baik untuk perkembangan otak karena mengandung asam lemak omega-3, vitamin B, dan magnesium. Mereka akan membantu pertumbuhan sel-sel darah merah dan menjaga otot serta jantung yang kuat. Kenari bisa dikonsumsi mentah dengan merendamnya terlebih dulu semalaman.

9. Beras merah

Di masa pertumbuhan anak, beras merah juga penting untuk dikonsumsi karena kaya serat, antioksidan, dan rendah kalori. Beras merah dapat meningkatkaan kekebalan tubuh, mengurangi kolestrol, dan mengurangi risiko asma, serta penyakit jantung.

10. Yoghurt

Seperti susu, yoghurt mengandung kalsium dan protein untuk gigi dan tubuh yang kuat. Yoghurt baik dikonsumsi langsung atau dicampur dengan buah-buahan segar. Di dalam yoghurt juga terkandung probiotik yang membantu gerakan usus menjadi lebih mudah.

11. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin, mineral, kalsium, kalium, dan karotenoid, yang baik untuk penglihatan. Sayuran hijau ini baik untuk anak karena rendah kalori dan tinggi akan energi. Brokoli akan memperbaiki kerusakan sel yang dibutuhkan tubuh di masa pertumbuhan.

Nah, itulah 11 makanan penting bagi pertumbuhan anak. Berikan gizi yang tepat dan cukup agar anak tumbuh sehat. (magforwomen.com)