Find Us On Social Media :

Mengonsumsi 'Junk Food' Sebabkan Kerusakan Ginjal dan Tingkatkan Risiko Diabetes

By Okke Nuraini Oscar, Rabu, 11 Mei 2016 | 10:30 WIB

Mengonsumsi 'Junk Food' Sebabkan Kerusakan Ginjal dan Tingkatkan Risiko Diabetes

Intisari-Online.com - Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi  makanan cepat saji dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan meningkatkan risiko penyakit diabetes.Masalah yang disebabkan oleh memakan makanan cepat saji mirip dengan masalah yang ditemukan pada penyakit diabetes tipe 2. Penelitian ini coba diterapkan pada tikus yang diberi makan makanan cepat saji selama delapan minggu dan makanan yang mengandung tinggi lemak seperti coklat dan keju selama lima minggu.

Para peneliti kemudian melihat perubahan pada kadar gula darah dan glukosa yang berada di ginjal.

Perubahan serupa biasanya dialami oleh orang-orang yang mengidap diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh memiliki masalah dalam memproduksi insulin atau insulin tidak bereaksi dengan baik.

Dr. Havovi Chichger, seorang dosen senior dalam ilmu biomedis di Anglia Ruskin University mengatakan,  "Dalam penelitian kami, baik diabetes tipe 1 ataupun  tipe 2 sama-sama menginduksi perubahan glukosa yang terdapat  pada ginjal, namun makanan cepat saji dan makanan tinggi lemak menyebabkan perubahan yang sangat mirip dengan yang ditemukan di diabetes tipe 2.” Salah satu cara untuk menghindari penyakit diabetes dan kerusakan ginjal adalah melakukan diet penanganan gula untuk melindungi ginjal dari kerusakan lebih lanjut. 

(Andrew Griffin/ independent.co.uk)