Find Us On Social Media :

14 Cara Mengurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar (2)

By Okke Nuraini Oscar, Sabtu, 28 Mei 2016 | 10:30 WIB

14 Cara Mengurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar (2)

Intisari-Online.com - Lisa Young, PhD, penulis buku The Portion Teller Plan: The No-Diet Reality Guide to Eating, Cheating, and Losing Weight Permanently berbagi 14 tips mudah untuk diet mengurangi kalori tanpa harus merasa lapar.

Kita dapat mensiasati porsi makan dengan menaruh makanan yang mengandung karbohidrat lebih sedikit. Sebagai contoh, jika kita membuat tumis sayuran, kontrol porsi dalam satu piring makan dengan sayuran dan makanan yang mengandung protein tanpa lemak, kemudian kita juga bisa tambahkan sedikit asupan karbohidrat seperti seperempat cangkir beras merah.

Meredupkan lampu dan mendengarkan musik santai nyatanya juga dapat memperlambat proses makan. "Menikmati waktu makan sambil mendengarkan lagu dengan irama yang lambat akan membuat Anda santai dan mengunyah lebih lama,” kata Young.

Selain makan dengan mendengarkan musik yang lambat, cara lain untuk membuat kita makan lebih sedikit adalah dengan memakan makanan yang kurang praktis. Memakan makanan seperti jeruk, kacang edamame, dan pistachio bisa jadi pilihan makanan yang kurang praktis namun menyehatkan.

8. Hindari makanan bungkusan Para peneliti dari Cornell University menemukan bahwa orang akan cenderung makan 50% lebih banyak ketika mereka tidak melihat wujud dalam bentuk takaran porsi ketika membelinya. 

9. Santap makanan pembuka Sebelum memakan menu utama, santaplah makanan pembuka atau appetizer. Penelitian menunjukkan bahwa memulai makan dengan makanan pembuka seperti sup dapat membantu kita mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Dalam penelitian tahun 2007, orang-orang yang memakan appetizer sebelum ke menu utama mereka nyatanya dapat mengurangi total asupan kalori sebesar 20%.