Find Us On Social Media :

14 Cara Mengurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar (3)

By Okke Nuraini Oscar, Sabtu, 28 Mei 2016 | 11:00 WIB

14 Cara Mengurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar (3)

Intisari-online.com - Untuk menurunkan berat badan, kita perlu membakar lebih banyak kalori dari yang kita konsumsi atau mengontrol porsi makan. Tapi diet mengurangi kalori tidak seharusnya menyiksa sampai tidak makan atau kelaparan. Lisa Young, PhD, penulis buku The Portion Teller Plan: The No-Diet Reality Guide to Eating, Cheating, and Losing Weight Permanently berbagi 14 tips mudah untuk diet mengurangi kalori tanpa harus merasa lapar.

Dalam sebuah penelitian Cornell University yang diterbitkan dalam PLoS One, lebih dari 75% responden akan memilih makanan pertama yang mereka lihat dalam sebuah prasmanan pengunjung menempatkan makanan pertama yang mereka lihat di piring mereka. Dari sekian banyak pilahan makanan, responden memilih hanya tiga makanan pertama yang mereka lihat. Ketiga makanan tersebut umumnya bukanlah makanan yang sehat dan tinggi kalori. Selektif terhadap makanan yang akan Anda santap sudah pasti jadi hal utama ketika kita memutuskan untuk diet kalori, menurut Young.

Sebuah penelitian pada 2005 yang diterbitkan dalam jurnal BMJ mengungkapkan, meminum air dari gelas yang tinggi akan memberi sugesti pada kita bahwa kita telah meminum air lebih banyak. Seperti yang telah dituliskan pada poin pertama, meminum air sebelum makan akan menghilangkan gejala dehidrasi yang bisa menyebabkan perut terasa lapar.

Matikan TV dan jangan mainkan smartphone selagi makan. Sebuah penelitian dari American Journal of studi Clinical Nutrition baru-baru ini menemukan bahwa orang yang menonton televisi selama makan cenderung untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan dari mereka yang tidak menonton tv atau melakukan kegiatan lain selama makan.

Ahli gizi dari Cornell University melakukan penelitian bahwa orang-orang yang makan menggunakan peralatan makan yang lebih kecil ternyata juga makan 31% lebih sedikit dari mereka yang menggunakan peralatan makan dengan ukuran yang normal.

Banyak orang memilih untuk menutup menu makan mereka dengan yang manis. Young merekomendasikan untuk menyeduh teh beraroma seperti peppermint, kayu manis, sebagai pengganti gula.