Find Us On Social Media :

10 Manfaat Mengejutkan yang Dapat Kita Peroleh dari Meminum Air Hangat (2)

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 2 Juni 2016 | 10:30 WIB

10 Manfaat Mengejutkan yang Dapat Kita Peroleh dari Meminum Air Hangat (2)

Intisari-Online.com – Air putih selalu kita minum sebagai cairan utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu fungsi utama air tentunya mencegah dehidrasi pada tubuh kita. Tidak sedikit dari kita yang lebih suka mengonsumsi air dingin dibandingkan air hangat atau panas. Tapi ternyata air hangat dapat memberikan manfaat kesehataan, apa saja manfaat tersebut? Berikut adalah 10 manfaat mengejutkan yang  dapat kita peroleh dari meminum air hangat.

6. Menurunkan berat badan

Air hangat dapat meningkatkan temperatur tubuh sehingga kecepatan metabolisme juga ikut meningkat. Peningkatan pada metabolisme dapat membuat tubuh untuk terus membakar kalori .

Dengan meminum air hangat bersamaan dengan lemon akan mengurangi aktivitas radikal bebas di tubuh. Kombinasi keduanya akan membantu mengurangi lemak tubuh dan mengontrol keinginan kita untuk makan akibat serat pectin di lemon.  

7. Detoksifikasi

Telah dijelaskan bahwa air hangat meningkatkan temperatur tubuh secara alami. Setelah meningkat akan dilanjutkan dengan keringat yang dapat menghilangkan racun tubuh melalui pori-pori. Hidrasi lebih yang didapatkan juga membantu fungsi ginjal untuk mengguyur pembuangan termasuk racun.

8. Memanjakan otak dan syaraf kita

Seperti yang dilansir dari thealternativedaily.com, Dr. Michael Wald yang merupakan direktur Pelayanan Gizi mengatakan bahwa mengonsumi air hangat atau panas akan mengaktivasi syaraf penerima perut, kerongkongan, usus, dan mulut. Hal tersebut dapat menstimulasikan wilayah penghasil kesenangan di otak.

9. Kesehatan rambut

Menurut lifehack.org, meminum air hangat hingga panas juga memiliki berbagai manfaat kesehatan pada rambut kita. Dengan meminumnya, kita bisa mendapatkan rambut lembut dan mengkilau akibat aktivasi akar. Hal tersebut berguna untuk mengembalikan vitalitas alami dari rambut kita dan menjaga kesehatannya.

Mengaktifkan akar rambut kita juga berfungsi dalam menumbuhkan rambut melalui stimulasi akar. Selain kedua hal itu, air juga dapat membuat kulit kepala kita terhidrasi untuk membantu dalam pencegahan ketombe dan kulit kepala kering.

10. Menjaga keseimbangan tubuh