Find Us On Social Media :

Kumpulan Soal TWK Sejarah CPNS dan Kunci Jawabannya (Bagian 1)

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 9 Januari 2023 | 18:00 WIB

Soal TWK Sejarah: Kumpulan Latihan dan Kunci Jawaban

Intisari-Online.com - Apakah Anda sedang mencari kumpulan soal TWK Sejarah?

Soal TWK Sejarah dapat mencakup banyak pembahasan.

Namun sebelum mengetahui berbagai soal TWK Sejarah, Anda harus tahu bahwa TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Berikut Contoh Soal TWK Sejarah Indonesia dan Pembahasannya:

1. Berikut contoh konflik yang terjadi di Wiayah Indonesia Timur:

Konflik berbau agama paling tragis meletup pada tahun 1999 silam.

Konflik dan pertikaian yang melanda masyarakat Ambon-Lease sejak Januari 1999, telah berkembang menjadi aksi kekerasan brutal yang merenggut ribuan jiwa dan menghancurkan semua tatanan kehidupan bermasyarakat.

Konflik tersebut kemudian meluas dan menjadi kerusuhan hebat antara umat Islam dan Kristen yang berujung pada banyaknya orang meregang nyawa.

Kedua kubu berbeda agama ini saling serang dan bakar membakar bangunan serta sarana ibadah.Saat itu, ABRI dianggap gagal menangani konflik dan merebak isu bahwa situasi itu sengaja dibiarkan berlanjut untuk mengalihkan isu-isu besar lainnya.

Kerusuhan yang merusak tatanan kerukunan antar umat beragama di Ambon itu berlangsung cukup lama sehingga menjadi isu sensitif hingga saat ini.

Apa yang melatarbelakangi terjadinya konflik diatas?A. Perbedaan agama dan kepercayaanB. Perbedaan keyakinan dan adat istiadatC. Perbedaan golongan antar lintas daerahD. Perbedaan kebudayaanE. Perbedaan SARA

Baca Juga: Kumpulan Latihan dan Kunci Jawaban Soal TWK Sejarah CPNS 2023, Sejarah Indonesia