Find Us On Social Media :

Batasi Kegiatan di Kamar Tidur Hanya untuk Tidur dan Berhubungan Seks!

By Ade Sulaeman, Kamis, 9 Juni 2016 | 18:00 WIB

Batasi Kegiatan di Kamar Tidur Hanya untuk Tidur dan Berhubungan Seks!

Intisari-Online.com - Sulit tidur di malam hari sangatlah menyiksa, apalagi jika Anda memiliki acara penting di pagi hari. Kurang tidur malam, tentunya membuat wajah terlihat kusam sehingga merugikan persiapan penampilan di malam sebelumnya.

Anda yang ingin lebih mudah tidur di malam hari, coba simaklah uraian berikut ini:

Batasi kegiatan di kamar tidur

Sering menyelesaikan pekerjaan di kamar tidur, menonton hingga larut malam, makan, dan minum, bisa membuat kamar secara tidak langsung jadi beralih fungsi sehingga secara psikis mata Anda sulit terlelap saat berada di dalamnya.

“Anda harus mengondisikan kamar hanya untuk tidur dan bercinta, tidak untuk kegiatan lain. Cara itu akan memanimpulasi otak untuk berangsur-angsur beristirahat saat masuk kamar,” jelas Kenneth Lichstein, PhD., seorang direktur dari Sleep Research Project di The University of Alabama, AS.

Waktu tidur teratur

Berganti-ganti waktu tidur membuat waktu internal dalam tubuh pun mengalami frustrasi sehingga sulit untuk menyesuaiakan masa istirahan dan bekerja. Kondisi ini biasa terjadi pada karyawan yang bekerja shift.

Ketepatan waktu tidur merupakan kunci untuk keluar dari masalah insomnia. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu tidur di jam yang sama setiap malam.

Terakhir minum kopi di sore hari

Menurut Jed Black, MD, direktur dari Stanford University Sleep Disorders Clinic, mengatakan bahwa kafein berada dalam sistem tubuh selama 12 jam. Jadi, jika ingin mudah terlelap, sebaiknya hindari minum kopi, soda, dan teh sesudah jam enam sore.

(Lusina/kompas.com)