Find Us On Social Media :

Tanda-tanda Kesuburan Pria yang Paling Akurat

By Ade Sulaeman, Senin, 25 Juli 2016 | 17:15 WIB

Tanda-tanda Kesuburan Pria yang Paling Akurat

Intisari-Online.com - Tingkat kesuburan, jelas dipahami dan diingat memiliki peranan yang sangat penting pada kehamilan seorang istri.

Namun, yang sering terlupakan adalah bahwa kesuburan tidak hanya masalah yang terjadi pada tubuh wanita. Kesuburan pria juga bertanggung jawab pada proses kehamilan.

Untuk itu, berikut ini tanda-tanda keseburan pria yang wajib diketahui:

1. Organ reproduksi berfungsi baik

Penis dapat berereksi dan berejakulasi dengan baik, selain juga mampu memproduksi sperma yang normal.

2. Bentuk testis yang normal

Kelainan bentuk testis dapat memengaruhi suhu testis yang dapat berpengaruh pada kualitas sperma. Kelainan bentuk fisik biasanya disebabkan oleh penyakit, misalnya pelebaran pembuluh darah balik di sekitar testis. Atau, kantung testis mengalami penebalan akibat radang pada kulit sehingga suhu testis menjadi lebih panas.

3. Jumlah sperma memadai

Jumlah sperma yang dinilai cukup dan mampu melakukan pembuahan adalah tidak kurang dari 20 juta sel per 1 cc saat ejakulasi.

4. Bentuk sperma yang ramping

Bentuk sperma menyerupai kecebong dan memiliki bentuk yang ramping. Bentuk sperma yang baik akan berpengaruh pada kemampuan mendorong sperma masuk ke dalam ovum untuk membuahi sel telur.

Tanda-tanda kesuburan pada pria separuhnya memang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Untuk itu, suami harus mau mengunjungi dokter untuk memeriksakan kesuburannya secara total.

Narasumber: Dr. Batara Sirait, SpOG, MRCCC di Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta 

(Utami Sri Rahayu/tabloid-nakita.com)