Penulis
Intisari-Online.com- Firaun yang memerintah Mesir pada pertengahan abad ke-10 SM mungkin berperan penting dalam sejarah bangsa Israel kuno.
Peran besar yang dimiliki Shishak, alias Sheshonq I untuk kerajaan-kerajaan Israel yang sedang berkembang di Kanaan.
Israel sebenarnya tidak disia-siakan. Asal-usul bangsa Israel dan kerajaan mereka diselimuti misteri.
MelansirHaaretz.com, beberapa peninggalan tekstual dan arkeologis selamat dari kekacauan yang melanda sebagian besar tanah di sekitar Mediterania.
Apa yang kita ketahui adalah bahwa sebuah kelompok yang diidentifikasi sebagai “Israel” pertama kali muncul dalam catatan sejarah di Prasasti Merneptah.
Prasasti itu diperkirakan berasal dari sekitar tahun 1210 SM, tidak lama sebelum Zaman Perunggu runtuh – sekitar 3.230 tahun yang lalu.
Teks ini menggambarkan bangsa Israel sebagai orang-orang nomaden atau semi-nomaden yang tinggal di Kanaan dan firaun Merneptah membanggakan bahwa “Israel dihancurkan, benihnya tidak ada lagi.”
Maju cepat tiga setengah abad, ke pertengahan Zaman Besi, dan Israel kembali ke panggung sejarah.
Prasasti Kurkh mencatat pada pertempuran penting Qarqar(Suriah utara), pada tahun 853 SM, perluasan kerajaan Asyur ke Levant (sementara) dihalangi oleh aliansi regional yang termasuk Raja Ahab, yang disebut sebagai “Ahab orang Israel”.
Apa yang terjadi di abad-abad berikutnya?
Bagaimana sekelompok pengembara yang diburu oleh pasukan Merneptah di akhir Zaman Perunggu, muncul ke Zaman Besi sebagai kerajaan yang kuat dan mampu menerjunkan ratusan kereta menghadapi kekuatan Asyur?
Baca Juga: Pantas Israel Ogah Berikan Senjata Ini, Meski Ukraina Merengek, Rusia Jadi Alasannya ?
Alkitab mengungkap bahwa proses ini dimulai ketika 12 suku Israel bersatu di bawah raja Saul, Daud dan Salomo untuk membentuk sebuah kerajaan besar, berpusat di Yerusalem, sekitar abad ke-11 SM.
Apa yang disebut Monarki Bersatu kemudian retak setelah kematian Salomo.
Putranya Rehoboam, hanya mempertahankan kendali atas Yehuda dan Yerusalem.
Sementara itu, suku-suku utara yang memberontak memisahkan diri untuk membentuk Kerajaan Israel di bawahkekuasaanYerobeam.
Namun, banyak sarjana meragukan bahwa ada Monarki Bersatu untuk memulai.
Ada sedikit bukti kuat tentang kerajaan besar ini, yang didorong oleh ideologi dari para ahli Taurat Yerusalem yang menyusun bagian Alkitab ini, mungkin pada akhir abad ke-7 SM, ratusan tahun setelah zaman Daud dan Salomo.
Jadi jika kisah alkitabiah tentang Kerajaan Bersatu dan kehancurannya tidak dapat dianggap sebagai sejarah, bagaimana kerajaan Israel terbentuk?
Satu teori mengatakan itu mungkin ada hubungannya dengan firaun bernama Sheshonq, atau Shishak.
Kampanye militer Sheshonq di Levant pada pertengahan abad ke-10 SM adalah salah satu catatan alkitabiah paling awal yang sebagian dapat dikuatkan melalui sumber-sumber eksternal.
Dan signifikansi kampanye Mesir untuk sejarah Ibrani kuno mungkin lebih besar daripada yang dicatat dalam Alkitab.
“Hampir tidak ada referensi sejarah ekstra-alkitabiah untuk Levant antara abad ke-12 dan keterlibatan Asyur pada abad ke-9,” Finkelstein seorangarkeolog Alkitab terkemuka Israeldari Universitas Tel Avivmengatakan kepada Haaretz.
Baca Juga: Moshe Dayan si Jenderal 'Bajak Laut' Israel Paling Legendaris
“Untuk abad ke-10 satu-satunya informasi ekstra-alkitabiah yang relatif rinci adalah bukti dari kampanye Sheshonq.”
Mesir Kembali Berjaya
Alkitab mengatakan bahwa pada tahun kelima pemerintahan Rehoboam (sekitar 925 SM), seorang firaun bernama Shisyak menyerang Yerusalem.
Dia menjarah kota dan “merampas harta benda rumah Tuhan dan harta benda istana raja; dia mengambil semuanya.” (1 Raja 14:25-26)
Para arkeolog telah mengetahui selama beberapa abad bahwa setidaknya ada beberapa kebenaran sejarah di balik kisah alkitabiah, karena Sheshonq mencatat eksploitasi kampanyenya di Kanaan di dinding kuil Amun di Karnak di Mesir Hulu.
Kembali pada tahun 1926, para arkeolog juga menemukan cartouche Sheshonq yang diukir pada balok batu di Megiddo, di Israel utara saat ini.
Hal itu membuktikan bahwa firaun telah aktif tinggal di wilayah tersebut.
Finkelstein, serta para cendekiawan lainnya, menduga bahwa para penulis Alkitab menggunakan ingatan penyerangan Sheshonq untuk membangun sebuah perumpamaan tentang dosa Salomo dan Rehoboam, dan hukuman berikutnya yang dijatuhkan oleh Tuhan melalui firaun.
“Penjarahan kuil adalah sebuah kiasan yang beberapa kali dalam teks Alkitab dianggap bentuk hukuman,” kata Finkelstein.
Namun, sementara Alkitab bisa dibilang menyoroti nasib Yerusalem.
Baca Juga: Operasi Solomon 'Memulangkan' Warga Yahudi Serba-serbi Israel Lainnya
Catatan arkeologi menunjukkan bahwa kampanye Sheshonq jauh lebih signifikan daripada sekadar menjarah ibu kota Yehuda.
Prasasti di kuil Karnak mencantumkan lusinan kota yang ditaklukkan Sheshonq di Kanaan – tetapi Yerusalem dan lokasi penting lainnya di Yehuda tidak termasuk dalam daftar tersebut.
Mungkin ini karena beberapa nama dalam daftar telah hilang, atau mungkin menandakan bahwa Yerusalem dan sekitarnya tidak menarik bagi firaun Shishak.
Bagaimanapun, teks di Karnak – dan cartouche yang ditemukan di Megiddo – menunjukkan bahwa kampanye tersebut bukanlah serangan.
Namun, upaya untuk memulihkan hegemoni Mesir atas Kanaan dan wilayah lain yang telah diperintah oleh para firaun selama periode Kerajaan Baru periode (abad ke-15 SM hingga abad ke-12 SM).
“Kekaisaran tidak menyerang. Mesir tidak menyerang,” kata Finkelstein.
“Bagi Shishak ini adalah memulihkan kerajaan besar Mesir di Kanaan.”
Shishak dan penerusnya di dinasti ke-22 menyatukan Mesir setelah periode panjang perpecahan dan pertikaian yang menyertai akhir Zaman Perunggu.
Dengan latar belakang tata negara inilah terdapat keterlibatan Shishak dalam membentuk Israel awal.
Ini hanya teori, tetapi Finkelstein mengatakan ada beberapa petunjuk bahwa kelahiran Kerajaan Israel utara mungkin hasil dari pengaturan politik yang dilakukan Shisak setelah kampanyenya.
Baca Juga: Dipaksa Pindah ke Israel oleh Mossad, Yahudi Maroko Menyesal Setengah Mati
(*)