Find Us On Social Media :

Apa Penyebab Ejakulasi?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 22 Agustus 2016 | 17:45 WIB

Apa Penyebab Ejakulasi?

Intisari-Online.com – Apakah Penyebab Ejakulasi? Ejakulasi adalah pengeluaran air mani, yaitu campuran cairan dan sperma, dari saluran reproduksi pria. Umumnya terjadi karena rangsangan seksual secara fisik atau mental. Ejakulasi menyertai hampir semua orgasme, meskipun beberapa pria mencapai orgasme tanpa ejakulasi, baik melalui latihan yang disengaja atau karena kelainan fisik pada saluran reproduksi.

Sementara, prasyarat untuk ejakulasi adalah gairah seksual dan ereksi penis. Ini saja tidak cukup untuk menghasilkan pengeluaran dan urutan peristiwa yang mengarah ke ejakulasi.

Selama periode gairah yang mendahului ejakulasi, kelenjar dari sistem produksi pria memproduksi cairan pra-ejakulasi yang mempersiapkan uretra untuk pergerakan sperma. Cairan ini, sebagian besar disekresi oleh organ terletak dekat dengan pangkal penis dan disebut Kelenjar Cowper, mantel uretra sehingga sperma tidak rusak oleh lintasan berkecepatan tinggi saat ejakulasi.

Ada beberapa spekulasi bahwa cairan Kelenjar Cowper membantu penyangga air mani terhadap perubahan pH alami pada apa yang disimpan di vagina wanita, yang dapat meningkatkan kelangsungan hidup.

Tahap pertama dari ejakulasi disebut mani, dan melibatkan pergerakan sperma dari epididimis dan organ uretra. Uretra pria dibagi oleh kedua sistem reproduksi dan sistem urin, merupakan prasyarat penting untuk ejakulasi adalah memastikan bahwa ejakulasi dapat maju mundur ke dalam kandung kemih, melainkan harus keluar dari uretra. Selama mani, leher kandung kemih menutup, mencegah gerakan mani menyusut. Kebanyakan pria memilih kontrol atas proses pengeluaran air mani, dan dapat menunda sedikit seperti yang diinginkan. Setelah itu terjadi, bagaimanapu, ejakulasi adalah yang terutama.

Setelah air mani disimpan di uretra, tahap kedua ejakulasi melibatkan pengeluaran. Ini dicapai melalui kontraksi otot ritmik dari daerah pinggul yang menjadi ciri orgasme, catat Dr. Ellliot. Selanjutnya, vesikula seminalis dan kelenjar prostat, juga kelenjar yang bertanggung jawab memproduksi cairan untuk mengeluarkan komponen bagian cair dari air mani kontraksi, meremas kontribusi mani mereka ke dalam uretra untuk ejakulasi bersama dengan sperma. Sementara kontraksi dari otot-otot dasar panggul yang tidak terarah dan memaksa sperma menuu pembukaan penis ke luar. Penutupan sebelumnya dari leher kandung kemih memastikan bahwa ejakulasi terjadi melalui pembukaan penis, yang disebut meatus kemih. (livestrong)