Find Us On Social Media :

Ibu Pekerja Cenderung Memiliki Putri yang Mandiri dan Putra yang Penyayang

By Okke Nuraini Oscar, Rabu, 30 Maret 2016 | 12:30 WIB

Ibu Pekerja Cenderung Memiliki Putri yang Mandiri dan Putra yang Penyayang

Intisari-Online.com - Mungkin banyak para calon ibu yang merasa galau akan tetap berkarir atau mengurus si kecil di rumah. Namun, kiranya para ibu tak perlu khawatir berlebihan akan hal ini. Karena nyatanya, banyak pula manfaat yang didapat dari para ibu pekerja.

Menurut penelitian oleh Harvard Business School, anak perempuan dari ibu yang bekerja akan lebih mandiri. Para peneliti juga menemukan efek signifikan secara statistik pada anak laki-laki yang memiliki  ibu pekerja. Ia akan tumbuh menjadi pria yang penyayang dan peduli akan keluarga. Tak tanggung-tanggung, Ia juga tidak keberatan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga daripada anak laki-laki yang ibunya berada di rumah. Menganalisis data dari 24 negara, para peneliti menyimpulkan bahwa anak-anak perempuan dari ibu pekerja  lebih mandiri dibanding anak perempuan dengan ibu rumah tangga. Menariknya, Kathleen McGinn, seorang profesor di Harvard Business School dan penulis utama studi tersebut adalah dampak dari ibu yang bekerja adalah putri mereka kedepannya sangat berpeluang menjadi pemimpin di tempat kerja."Para putri yang memiliki ibu pekerja akan berpengaruh terhadap kinerja mereka," ujar McGinn seperti yang dilansir dalam Quartz.

Bahkan anak-anak (baik perempuan atau laki-laki) yang memiliki ibu pekerja cenderung berperilaku adil berkenaan dengan peran sesuai gender. McGinn menambahkan, Ibu yang bekerja menciptakan suatu lingkungan di mana sikap anak-anak mereka sesuai dengan apa yang harus dilakukan.

Penelitian yang bekerjasama dengan International Social Survey Program ini telah menghabiskan waktu selama 10 tahun penelitian. Hasil paling tinggi didapatkan dari Negara-negara yang sudah modern, seperti Amerika dan Inggris, dimana responden pada umumnya memiliki pandangan moderat tentang isu gender dan egaliter. McGinn juga berpesan bagi ibu pekerja, mereka bisa menumbuhkan sifat positif pada anak dengan membantu anak memahami bahwa ada banyak kesempatan untuk mengaktualisasi diri mereka. 

(Gabriel Fisher/ Quartz)