Find Us On Social Media :

Jadilah Orang Tua yang Ideal dengan 5 Cara Berikut!

By Monalisa Darwin D, Kamis, 7 April 2016 | 11:30 WIB

Jadilah Orang Tua yang Ideal dengan 5 Cara Berikut!

Intisari-Online.com - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi seseorang yang baik. Tanpa disadari, orang tua pula yang sering mengajarkan hal yang kurang baik kepada anak. Nah, mulai sekarang jadilah orang tua yang ideal dengan 5 cara berikut ini:

1. Menggunakan contoh

Sebagai orang tua, ada banyak hal baik yang dikatakan kepada anak. Namun, harus diingat bahwa anak selalu memerhatikan apa yang diucapkan orang tuanya serta mempraktikkannya. Misalnya orang tua menyuruh anak menghindari makanan junk food, janganlah sambil menggenggam burger atau kentang siap saji.

2. Berlibur bersama anak-anak

Tidak harus selalu melakukan perjalanan liburan yang mewah bersama anak-anak. Kegiatan sederhana di akhir pekan, seperti berkemah, ke kebun binatang, atau ke pantai terdekat bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Perjalanan bersama akan membantu ikatan keluarga menjadi lebih erat. Anak akan mengingat perjalanan singkat tersebut seumur hidup mereka.

3. Pelajaran dasar tentang tata krama   

Mungkin kita bisa mengajari anak dengan banyak rumus matematika, fisika, dan lainnya, namun ada hal yang sering terlupa, yaitu pelajaran tentang tata karma. Sopan santun merupakan sesuatu yang harus dimiliki anak sejak kecil. Ajarkan hal dasar, seperti menyapa orang-orang di sekitar jika bertemu, atau selalu mengucapkan “permisi” setiap kali akan bertanya.

4. Sering berbicara dengan anak

Meski banyak alasan tentang pekerjaan, namun meluangkan waktu untuk berbicara dengan anak tidak bisa dilewatkan. Menghabiskan waktu bersama anak lebih berarti daripada sebatas uang. Anak akan merasa bahwa ia dicintai sepenuhnya dengan kehadiran orang tuanya.

5. Jangan bertengkar dengan pasangan

Suami dan istri tidak semestinya bertengkar apalagi di hadapan anak-anak. Pertengkaran justru akan berdampak buruk bagi keseimbangan emosional anak. Segala masalah, cobalah diselesaikan dengan baik, salah satunya dengan komunikasi.

Jadilah orang tua yang ideal dengan 5 cara di atas agar anak dapat tumbuh menjadi seseorang yang dibanggakan. (magforwomen.com)