Find Us On Social Media :

9 Tips Agar Dapat Berkonsentrasi Lebih Baik (1)

By Monalisa Darwin D, Kamis, 14 April 2016 | 07:00 WIB

9 Tips Agar Dapat Berkonsentrasi Lebih Baik (1)

Intisari-Online.com - Konsentrasi adalah kunci untuk mencapai tujuan yang kita kerjakan dan kemudian akan meraih keberhasilan. Ketika tidak konsentrasi, maka akan sulit untuk mencapai apa yang diinginkan. Bagi kita yang sulit melakukannya, berikut adalah 9 tips agar dapat berkonsentrasi lebih baik:

1. Menomorduakan kekhawatiran

Setiap orang memiliki kekhawatiran di dalam hidupnya, namun ini tidak berarti dapat menghambat pekerjaan. Terus merenungkan dan memikirkan kekhwatiran bukanlah jalan keluar. Lebih baik kita menulis apa saja yang mengganggu dan mengkhawatirkan bagi kita, kemudian selesaikan setelah kita melakukan pekerjaan atau tugas.

2. Rilekskan pikiran

Untuk dapat berkonsentrasi dengan baik, maka yang penting adalah mengistirahatkan pikiran. Pikiran yang terlalu banyak karena pekerjaan akan membuat lelah, sehingga cukupkan istirahat dengan baik akan membuat konsentrasi kembali pada tingkat yang tinggi. 15-20 menit tidur siang, misalnya, dapat menjadi cara yang baik.

3. Jangan menunda-nunda

Musuh besar dari konsentrasi adalah penundaan. Menunda-nunda hanya akan membuat kita bosan melakukan pekerjaan nantinya. Yang pertama harus dilakukan adalah mencari tahu mengapa kita menunda hal yang harus dikerjakan, apakah itu sangat sulit atau terlalu membosankan, selanjutnya cari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

4. Motivasi diri sendiri tentang pekerjaan

Fokuskan diri mengapa kita melakukan tugas ini. Katakan pada diri sendiri bahwa kita tertarik dan suka dengan pekerjaan ini, sehingga ingin cepat selalu menyelesaikannya. Lihat pula apakah ada penghargaan atau suatu keuntungan untuk kita dan orang-orang di sekitar kita dengan apa yang kita lakukan ini.