Find Us On Social Media :

Jadilah Seorang yang Dermawan Dengan 3 Cara Sederhana Berikut!

By Monalisa Darwin D, Jumat, 15 April 2016 | 15:30 WIB

Jadilah Seorang yang Dermawan Dengan 3 Cara Sederhana Berikut!

Intisari-Online.com - Kedermawanan merupakan sesuatu yang bajik dalam kehidupan. Tidak sekadar membantu orang lain, namun juga akan menambah kebahagiaan dalam diri kita sendiri. Namun, sebagian dari kita merasa sulit untuk melakukannya. Nah, coba jadilah seorang yang dermawan dengan 6 cara sederhana berikut ini:

1. Membuat rencana keuangan

Jika ingi berkontribusi dengan uang untuk kehidupan orang lain, maka yang terpenting adalah melihat keuangan serta membuat rencana yang sesuai. Salah satu trik sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan makan siang di kantor, sehingga menghemat pengeluaran.

2. Mulai dari yang kecil

Salah satu kesalahan adalah banyak orang yang percaya untuk melakukan sesuatu harus dari gerakan yang besar. Padahal, tidak perlu menunggu, karena berkontribusi sekecil apapun untuk orang lain adalah sangat berharga.

3. Pilih penyebab yang disukai

Pikir dan dapatkan penyebab yang Anda sukai untuk melakukan sesuatu, yang akan membawa perubahan positif. Jika kita melakukannya membuat hati kita lebih tenang dan senang, maka lakukanlah. Apa yang kita sukai akan diterjemahkan ke dalam kedermawanan serta kita akan bertindak dengan bahagia dan perasaan puas.

4. Memberi tanpa harapan

Yang membuat kita benar-benar dermawan adalah memberi tanpa mengharapkan balasan. Jika kita khawatir tentang apa keuntungan yang akan kita dapat dari kontribusi, maka kita tidak akan menunjukkan kedermawanan secara nyata.

5. Perjelas niat

Kita memiliki niat yang jelas tentang apa dan mengapa kita harus melakukan suatu kedermawanan, maka kita akan terdorong akan selalu melakukannya. Tanyakan pada diri sendiri mengapa kita melakukannya dan apakah kita benar-benar peduli mengenai kontribusi yang diberikan.

6. Amati kedermawanan yang telah dilakukan

Setiap kali melakukan kedermawanan, cobalah untuk memeriksa kembali apa saja dampak positif yang diterima di dalam hidup, baik untuk diri kita sendiri dan juga orang lain yang terbantu. Ketika itu menghasilkan hal yang positif, maka kita juga akan merasakan kebahagiaan.

Tak perlu tunggu kaya untuk dapat menolong orang lain. Jadilah seorang yang dermawan dengan 3 cara sederhana tadi.(magforwomen.com)