Find Us On Social Media :

Jangan Bawa Masalah Kantor ke Rumah!

By Monalisa Darwin D, Selasa, 19 April 2016 | 14:00 WIB

Jangan Bawa Masalah Kantor ke Rumah!

Intisari-Online.com - Banyak masalah di kantor yang menyebabkan kita stres. Namun, kita harus profesional, yaitu dengan tidak mencampuri urusan kerja kantor dan urusan pribadi. Kedua hal tersebut jika dicampurkan justru akan menjadikan kekacauan yang berlebih. Jadi, jangan bawa masalah kantor ke rumah dengan lima cara berikut:

1. Jam berapa sekarang?

Programkan pikiran untuk beralih ke mode. Bila jam 5 menjadi waktunya menyelesaikan pekerjaan, maka alihkan diri dari mode atau modus kerja ke mode relaksasi dan keluarga. Berhenti untuk memikirkan apa yang dikerjakan dan lanjutkan kembali keesokan harinya.

2. Akhiri dengan bijak

Satu jam sebelum menyelesaikan pekerjaan, akhirilah dengan membuat daftar yang harus dilakukan berikutnya, daftar apa saja yang tertunda, daftar yang sudah diselesaikan dengan benar, laporan akhir, dan modul akhir. Ini akan lebih menenangkan pikiran dan akan kembali melanjutkan pekerjaan di hari berikutnya dengan lebih terorganisir.

3. Miliki satu hari stres secara penuh

Jika benar-benar banyak pekerjaan yang memang membuat stres, buatlah satu hari penuh sebagai hari stres. Misalnya hari Senin, yaitu penuh dengan tugas, presentasi, dan lainnya. Pastikan untuk tidak stres di hari-hari lainnya karena kita sudah ingat bahwa kita memiliki satu hari stres.

4. Tidak bekerja di rumah

Rumah menjadi tempat perlindungan yang aman dan nyaman. Hindari pekerjaan kantor dikerjakan di rumah karena justru akan membuat ketegangan. Jika harus lembur, sebisanya kerjakan di kantor agar tidak dibawa pulang. Dengan cara ini, maka kita akan berpikiran bahwa rumah menjadi tempat berisitirahat yang paling nyaman.

5. Apa untungnya stres?

Ini akan membua kita mengindari stres sama sekali. Setiap kali akan stres, cobalah berpikir tentang tidak ada keuntungan yang didapat dari stres. Jadi, lebih baik menghemat energi daripada selalu khawatir dan stres.

Ingat, jangan bawa masalah kantor ke rumah! Jadikan rumah sebagai tempat berlindung  yang paling aman dan akan membuat kita refresh atau senang kembali.(magforwomen.com)