Find Us On Social Media :

Memiliki Keluarga Besar? Ini Dia Manfaatnya!

By Monalisa Darwin D, Selasa, 19 April 2016 | 07:30 WIB

Memiliki Keluarga Besar? Ini Dia Manfaatnya!

Intisari-Online.com - Beberapa orang memiliki keluarga besar. Ada yang menyukainya, namun tak sedikit pula yang tak menyukai. Hidup dalam keluarga besar terkadang membuat anggotanya harus menyesuaikan diri satu sama lain dan cenderung harus lebih bekerja sama bersama keluarganya. Tak perlu khawatir! Jika Anda memiliki keluarga besar, ini dia manfaatnya yang mungkin tidak disadari:

1. Karier

Kebutuhan dan kepentingan seseorang dalam keluarga untuk bekerja saat ini meningkat. Orang-orang yang sibuk dengan kariernya hampir tidak mendapatkan waktu untuk menggunakannya pada aspek-aspek penting yang berkualitas, seperti kesehatan, rumah, dan hubungan. Hidup menjadi terlalu stres ketika harus selalu berurusan dengan pekerjaan. Memiliki keluarga besar akan membantu meringankan beban tersebut. Dan, karier juga akan lebih baik serta seimbang dengan keluarga.

2. Mengurangi stres

Memiliki keluarga besar akan membantu lebih  fokus pada beberapa hal dan dapat menghindari stress. Ada beberapa gangguan dan Anda mungkin dapat mengalihkan perhatian untuk beberapa hal agar menjaga diri bebas dari stres. Memiliki atau bersama orang yang lebih banyak cenderung membuat kita lebih bersuka cita dan mendapatkan lebih banyak kebahagiaan.

3. Pengasuhan anak yang lebih mudah

Anak-anak mungkin menjadi tahap berikutnya dalam sebuah keluarga. Ketika memutuskan untuk bekeluarga dan berkarier, maka keluarga cenderung mendapat porsi yang sedikit. Termasuk anak-anak yang mungkin bisa terabaikan karena kurangnya perawatan atau pengasuhan yang cukup. Memilih tinggal dalam keluarga yang besar dapat menjadi salah satu solusinya, karena anggota keluarga yang lain dapat membantu merawat anak dengan baik.

4. Nilai keluarga

Ketika tinggal dalam sebuah keluarga besar, seseorang akan cenderung lebih menyesuaikan diri dan memahami kebutuhan lebih banyak orang. Ia akan lebih sering berbagi, berbicara, dan berdiskusi dengan berbagai orang dalam kelompok usia yang berbeda. Dengan demikian, seseorang akan lebih menghargai dan menghormati orang lain. Akan ada lebih banyak nilai keluarga yang tertanam pada seseorag jika tinggal dalam sebuah keluarga besar.

5. Stimulasi intelektual

Anggota keluarga, terutama anak-anak akan belajar dan bermain lebih baik ketika mereka berada dalam sebuah kelompok. Kecerdasan dakan lebih terangsang dan menantang karena menghadapi lebih banyak hal. Keluarga besar menawarkan anak-anak atau anggotanya untuk terlibat lebih dalam mengenai interaksi yang menyenangkan dan peluang besar untuk berkomunikasi, yang akhirnya akan membantu mereka menjadi seorang yang kompetitif dan kurang egois.

6. Lebih tebuka dengan orang lain

Anggota keluarga akan memiliki sikap yang lebih terbuka dengan orang lain. Paling tidak, dengan selalu menyapa satu sama lainnya. Dalam sebuah keluarga besar, pikiran akan dialihkan sehingga akan sering bertemu dan memiliki waktu bersama orang lain, terutama saling berinteraksi.

Jadi, bagi Anda yang memiliki keluarga besar, ini dia manfaatnya yang sangat positif bagi kehidupan.(magforwomen.com)