Find Us On Social Media :

5 Hal yang Dapat Membuat Suami Menjadi Seorang Ayah yang Baik

By Monalisa Darwin D, Jumat, 29 April 2016 | 14:20 WIB

5 Hal yang Dapat Membuat Suami Menjadi Seorang Ayah yang Baik

Intisari-Online.com - Sebagian istri sepertinya khawatir tentang suaminya dalam merawat anak. Padahal, suami juga berperan dan bertanggung jawab atas pertumbuhan anak. Baik istri maupun suami, harus memiliki porsi yang seimbang dalam merawat anak. Nah, bagi para istri yang masih ragu, ini dia 5 hal yang dapat membuat suami menjadi seorang ayah yang baik:

1. Berikan kesempatan

Meski pria tidak dilahirkan dengan dasar mengganti popok bayi, namun nyatanya tidak semua wanita juga dapat melakukan hal itu dengan 100% sempurna. Sehingga, memberikan kesempatan kepada suami untuk belajar dan mendapatkan pengalaman mengenai hal ini harus dilakukan. Bahkan, bekerjasama untuk merawat bayi atau anak jauh lebih menyenangkan.

2. Melibatkan suami lebih banyak

Dalam sesuatu hal yang menurut seorang istri ia banyak mengetahuinya, maka berbagilah pengetahuan itu pada suami. Libatkan dan biarkan suami ikut belajar mengatasi masalah anak. Melibatkan suami dalam proses akan membuatnya senang dan juga menunjukkan sikap menghargai.

3. Membuat anak-anak berpikir bahwa ia adalah ayah yang baik

Tunjukkan gambaran seorang suami adalah sosok ayah yang baik. Istri juga dapat membantu suami ketika memberitahu atau mengajarkan sesuatu kepada anak-anak. Dalam beberapa keadaan, memuji suami sebagai seorang ayah yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri dan juga kebahagiaannya. Dengan ini juga akan membuat anak-anak melihat bahwa ayahnya memang ayah terbaik.

4. Membuat suami peduli atau sadar

Jika seorang suami tidak memikirkan rencana tabungan untuk anak, jangan memarahinya, namun katakana secara baik kepadanya dan menjelaskan segala hal yang baik untuk anak. Sebagian suami bahkan kadang tidak tahu apa dan bagaimana tanggung jawab mereka sepenuhnya terhadap anak. Jadi, jelaskan kepada suami dengan baik adalah cara yang tepat.

5. Mengubah harapan yang diinginkan

Setiap keluarga tentu berbeda dan memiliki cara sendiri dalam membesarkan anak. Hal ini kemudian bisa membuat istri menyusun cara sendiri dalam pengasuhan anak, namun selama proses, istri perlu mengubah harapan yang diinginkan dari pasangan. Sebagian pria yang menikah masih bingung dengan tanggung jawabnya sebagai seorang ayah. Jadi, istri harus memahami dan menghargainya dengan sebaik mungkin agar suami secara perlahan dan benar memahami bahwa ia adalah seorang ayah untuk anak-anaknya.

Biarkan suami belajar dan berkontribusi terhadap pengasuhan anak. Dan, 5 hal yang dapat membuat suami menjadi seorang ayah yang baik harus dilakukan bagi kita semua yang baru saja menikah dan memiliki anak.(magforwomen.com)