Find Us On Social Media :

Menjadi Sarkastis Sebenarnya Baik untuk Kita dan Lawan Bicara?

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 30 April 2016 | 09:00 WIB

Menjadi Sarkastis Sebenarnya Baik untuk Kita dan Lawan Bicara?

Intisari-Online.com - Bersyukurlah kalian yang gemar mengeluarkan kata-kata sarkas. Penelitian terbaru dari Harvard Business School menunjukkan, menjadi sarkastik sebenarnya baik untuk kita. Tidak, tidak hanya untuk kita, tapi juga untuk ‘korban’ kita.

Menurut Scientific American, dengan melontarkan kata-kata sarkas kepada orang lain, akan membantu mereka untuk berpikir kreatif. “Mengapa ujaran verbal yang sarkas bisa meningkatkan kreativitas? Tantarngan sarkasme terlihat serius, tapi seharusnya kita menerima dengan cara yang berbeda,” ujar Francesca Gina dari Harvard.

Salah satu cara untuk menanggapi hal-hal sarkas yang dilontarkan lawan bicara kita adalah membalasnya dengan kejenakaan. “Kami harus berpikir out of the box untuk menghasilkan dan menguraikan komentar sinis. Itu artinya, sarkasme telah membuat kita berpikir dan lebih kreatif,” tambahnya.

 

Tapi tak semua orang bisa menerima lontaran sarkas begitu saja. Alih-alih menanggapinya dengan kejenakaan dan guyonan, beberapa orang justru meresponnya terlalu serius sehingga, terlebih bagi mereka yang bersumbu pendek.