Find Us On Social Media :

Tujuh Tanda Kita Seorang Antisosial

By Monalisa Darwin D, Senin, 2 Mei 2016 | 12:00 WIB

Tujuh Tanda Kita Seorang Antisosial

Intisari-Online.com - Banyak orang yang menyamakan istilah antisosial dan asosial dan mendefinisikan sebagai orang introvert atau tidak terlalu suka dengan interaksi sosial. Namun, antisosial sebenarnya merujuk pada gangguan kepribadian. Dan, berikut ini tujuh tanda antisosial pada seseorang:

1. Gangguan di masa kecil

Seseorang yang terlihat sebagai antisosial umumnya dikenal memiliki akar masalah di masa kecilnya, entah itu rusak karena keluarga, masalah kriminal,  perilaku negatif dalam keseharian, dan lainnya. Jika ditemukan pola perilaku agresif dan mengabaikan norma sosial serta trauma pada masa kecil, maka ini dapat menandakan seseorang menjadi antisosial.

2. Keinginan sengaja melibatkan diri dan menikmati kegiatan ilegal

Salah satu ciri utama orang antisosial adalah mereka menyadari dampak dari tindakan kejahatan, sekecil apapun itu, namun tetap melakukannya serta melawan hukum. Dengan ini, mereka merasa mendapatkan kesengan. Jika mendapatkan keinginan seperti ini, maka kemungkinan menjadi antisosial sangat besar.

3. Meninggalkan tanggung jawab sosial tanpa alasan

Seseorang yang antisosial melawan keinginan masyarakat dengan ketidakpedulian. Jika seseorang melanggar hak-hak orang yang ia cintai, menyerah sekolah atau kuliah, ini juga bias menjadi tanda bahwa orang itu antisosial.

4. Menggunakan pesona diri untuk memanipulasi orang lain

Memang sulit mengidentifikasi orang yang antisosial karena awalnya mereka muncul sebagai seseorang yang sangat menarik dan meyakinkan, namun seiring berjalannya waktu, mereka menunjukkan warna diri yang sesungguhnya dan memanipulasi orang lain dengan pesona dan sanjungan mereka. Orang itu juga biasanya menggunakan hubungannya dengan orang lain untuk keuntungan diri sendiri.

5. Terlibat dalam obat terlarang

Seiring dengan tanda-tanda sebalumnya, factor lain yang umum dari seorang antisosial adalah keterlibatannya dalam penggunaan obat terlarang, misalnya narkoba dan alkohol. Selanjutnya ini akan mengarah pada kejahatan dan kekerasan.

6. Bertengkar, berkelahi, dan berbohong adalah sifat keseharian