Find Us On Social Media :

Ingin Mengontrol Emosi Lebih Baik? Ikuti 7 Cara Ini

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 10 Mei 2016 | 14:00 WIB

Ingin Mengontrol Emosi Lebih Baik? Ikuti 7 Cara Ini

Intisari-Online.com – Semua orang mungkin pernah mengalami situasi ini. Saat penyesalan muncul karena tidak bisa mengontrol emosi dan perasaan dengan baik. Semakin kita tidak bisa mengontrol emosi, semakin banyak penyesalan yang timbul.

Adalah bijak untuk menghadapi realitas hidup dengan emosi yang dapat dikontrol. Seorang yang bisa mengontrol emosinya biasanya melakukan tujuh hal ini untuk mengendalikan diri dan menguasai dirinya.

* Tidak mengabaikan perasaan sendiri

Seringkali kita mengenali sebuah emosi menghampiri namun kita mencoba untuk menolak dan mengabaikannya. Orang yang dapat mengontrol emosinya tidak mengabaikan perasaannya, namun berupaya mengenali bahwa setiap emosi pasti memiliki alasan dan tujuan. Ketimbang menolak perasaan sendiri, ia berupaya melewatinya dengan proses yang sehat, penuh dengan kesadaran dan penerimaan.

* Menyadari emosi pasti mempengaruhi kondisi tubuh

Tubuh kita pasti bereaksi saat kita menghadapi emosi tertentu. Saat kita sedih, mungkin kita menangis. Saat kita senang, kita tersenyum dan tertawa. Seseorang yang dapat menguasai emosinya sangat menyadari situasi ini. Ia bisa mengenali bahwa stres bisa membuat rahang menjadi kaku dan sakit perut. Karena itu, ia menguasai dirinya agar emosinya tidak membuat fisiknya semakin lemah.

* Menghadapi emosi dengan bijak

Setelah mengidentifikasi emosi dan efeknya pada tubuh, orang yang mampu mengontrol emosi akan belajar untuk menghadapi dan melalui prosesnya. Mereka memilih untuk mengizinkan emosi tersebut ketimbang berusaha membuangnya. Mereka paham bahwa emosi bisa hilang ketika kita menumpahkan dan membiarkan emosi tersebut terjadi. Menahan emosi hanya akan menumpuk beban lebih berat di kemudian hari.

*Mengenali alasan emosi

Begitu bangun tidur di pagi hari, kita tidak bisa langsung senang, sedih, dan marah tiba-tiba. Pasti selalu ada alasan di balik setiap emosi. Orang yang bijak belajar mengenali kondisi dan perasaannya senditi. Sehingga ia juga mampu meresponi setiap emosi yang terjadi.

* Menghargai logika sebelum meluapkan emosi

Emosi bisa terjadi dengan adanya pemikiran terlebih dahulu. Bagaimana cara kita  berpikir, seperti itulah emosi yang akan terjadi. Seorang yang bijak menggunakan logikanya dan memahami bahwa banyak hal yang terjadi di kehidupan ini di luar kontrol manusia. Dengan pengetian ini, mereka bisa mengendalikan emosinya.