Find Us On Social Media :

Lima Alasan Mengapa Kita Harus Menggunakan Otak Kiri

By Monalisa Darwin D, Minggu, 15 Mei 2016 | 08:00 WIB

Lima Alasan Mengapa Kita Harus Menggunakan Otak Kiri

Intisari-Online.com - Otak manusia memang terdiri dari otak kanan dan kiri. Otak kanan sebagian besar digunakan untuk berimajinasi dan berpikir subjektif, sedangkan otak kiri digunakan untuk berpikir secara logika serta kemampuan penalaran.Keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan saling melengkapi, namun ini adalah lima alasan mengapa kita harus menggunakan otak kiri lebih banyak:

1. Meningkatkan konsentrasi

Menggunakan lebih banyak sisi kiri otak dapat membantu kita berkonsentrasi lebih baik. Ketika menggunakan otak kiri, maka kita akan benar-benar membaca petunjuk dan nuku untuk melihat segala hal dengan rincian penting, dimana umumnya orang lain mengabaikan.

2. Meningkatkan kemampuan analitis

Kemampuan analitis akan meningkat karena menggunakan otak kiri. Hal ini termasuk kita lebih terstruktur dalam membuat kalimat atau menggunakan kata-kata yang benar untuk menempatkan pesan atau informasi yang disampaikan.

3. Meningkatkan penalaran logika

Ketika menggunakan otak kiri, maka kita dapat memecahkan masalah dengan lebih baik atau mengetahui jalan keluar dari sebuah masalah. Termasuk dalam memecahkan teka-teki silang atau permain Sudoku dapat kita atasi dengan mudah.

4. Memungkinkan mendapatkan keahlian baru dengan cepat

Otak kiri yang lebih kuat cenderung memastikan kita dapat belajar keahlian baru dengan lebih cepat. Ini kemudian akan bermanfaat pada pekerjaan kita karena kita bisa meningkatkan keahlian yang kemudian meningkatkan karier atau kualitas pribadi kita pula.

5. Membantu kita lebih terorganisir

Semakin kuat otak kiri kita, maka kita semakin menjadi seseorang yang terorganisir dan sistematis. Manfaatnya adalah kita akan lebih produktif, termasuk dalam meningkatkan kinerja. Menggunakan otak kiri juga membuat kita mahir dalam manajemen waktu.

Baik otak kiri ataupun kanan, semuanya berguna untuk kehidupan, namun untuk membantu kita lebih rasional dan logis, maka lima alasan mengapa kita harus menggunakan otak kiri tadi harus dipertimbangkan. (magforwomen.com)