Find Us On Social Media :

Pele Dilaporkan Masuk Ruang Perawatan Akhir Hayat, Apakah Itu?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 4 Desember 2022 | 20:17 WIB

Kondisi Terkini Pele, Dilaporkan Masuk Ruang Perawatan Akhir Hayat

Intisari-Online.com - Legenda sepak bola Brasil, Edson Narantes Do Nascimento alias Pele, dilaporkan telah dipindah ke ruang "perawatan akhir hayat" setelah dirinya gagal merespons ke pengobatan kemoterapi.

Pele mendapat perawatan akhir hayat atau paliatif setelah kemoterapi untuk perawatan kanker usus besarnya tak menunjukkan hasil yang diharapkan.

Perawatan akhir hayat atau paliatif, seperti dikutip dari kanal Edukasi Kompas.com, merupakan perawatan khusus untuk seorang pasien dan keluarganya yang memiliki penyakit dan sudah tidak dapat disembuhkan.

Pele (82) masuk ke Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo pada 29 November utuk menjalani kemoterapi.

Namun, dikutip dari Terra, RS tersebut merilis buletin medis jelang akhir pekan ini yang mengatakan bahwa Pele didiagnosis dengan infeksi saluran pernafasan.

Media asal Brasil Folha de S. Paulo kini melaporkan bahwa kemoterapi sang legenda telah ditunda dan Pele sekarang berada di ruang perawatan paliatif.

Perawatan paliatif digunakan untuk membantu pasien kanker yang penyakitnya tidak mungkin disembuhkan menghadapi ajal secara baik.

Perawatan paliatif merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya.

Dalam menghadapi banyak masalah terkait penyakit mengancam jiwa, biasanya pasien dan keluarga justru mengalami tekanan yang besar.

Melalui perawatan paliatif, tenaga perawat akan berupaya meringankan penderitaan dengan deteksi dini, pengkajian menyeluruh dan penanganan nyeri, serta masalah lain baik fisik, psikososial, maupun spiritual.

Dukungan secara psikologis dengan memberikan kasih sayang kepada pasien yang menderita penyakit kronis merupakan dasar perawatan paliatif.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus dan Bikin Panik, Letusan Gunung Ini Malah Disambut Gembira oleh NASA