Find Us On Social Media :

Inilah Ciri-ciri Hubungan Persahabatan yang Sehat

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 17 Mei 2016 | 14:40 WIB

Inilah Ciri-ciri Hubungan Persahabatan yang Sehat

Intisari-Online.com – Kita perlu melihat seberapa kuat dan sehat hubungan persahabatan yang telah kita jadi dengan sahabat-sahabat kita, karena hubungan itu sangatlah berharga.

Bersama sahabat semangat meningkat, kita sering tertawa, dan persahabatan mengingatkan kita bahwa kita orang yang dikasihi. Sehatkah hubungan persahabatan kita? Silakan cek apakah persahabatan Anda lolos uji dengan lima ciri hubungan persahabatan yang erat dan sehat berikut ini.

*Sahabat-sahabat yang baik jujur dan terbuka satu sama lain

Persahabatan membuat kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri. Sehingga kita tidak perlu menjadi orang lain saat bersama mereka. Sahabat yang baik menerima kita apa adanya. Bisa jadi, kita menjadi “diri kita yang terbaik” saat bersama sahabat.

Hubungan persahabatan yang sehat juga ditandai dengan kejujuran dan keterbukaan. Persahabatan tanpa kepalsuan layak untuk dipertahankan. Persahabatan yang kuat tidak akan menampilkan kebohongan di dalamnya. Persahabatan seperti ini layak dipertahankan.

* Bertengkar dengan cara yang sehat

Persahabatan yang sehat belum tentu tanpa masalah dan konflik. Terkadang pertengkaran bisa saja terjadi. Dan hal tersebut bukanlah hal yang salah, karena hubungan persahabatan juga butuh bumbu-bumbu pertengkaran yang dapat mendewasakan.

Sahabat yang hebat menginginkan hubungan persahabatan yang solid, yang artinya mereka tidak takut untuk menyatakan ketidaksetujuan. Hal ini juga berdasar pada komunikasi yang jujur dan tentu saja tidak ada maksud negatif untuk adu argumen dalam jangka waktu yang lama.

* Persahabatan yang sehat tidak melarang Anda berteman dengan orang lain di luar mereka

Sahabat-sahabat terbaik tidak cemburu jika sahabatnya berteman dengan orang yang lain. Bahkan persahabatan yang baik memberi semangat dan keberanian bagi sahabatnya untuk bertemu dengan banyak orang dan mendapat hal yang baru dari orang lain. Persahabatan sejati bukan berarti harus selalu bersama setiap waktu.

* Saling percaya

Persahabatan yang sehat memiliki kepercayaan yang besar satu dengan lainnya. Kepercayaan membuat kita merasa nyaman mencurahkan perasaan kita bahkan detail hidup kita karena kita tahu bahwa ia tidak akan menceritakan dan mengkhianati kita dari belakang.