Find Us On Social Media :

Lima Mainanan yang Meningkatkan Kemampuan Anak

By Okke Nuraini Oscar, Senin, 23 Mei 2016 | 10:00 WIB

Lima Mainanan yang Meningkatkan Kemampuan Anak

Intisari-Online.com - Dalam kajian ilmu psikologi dinyatakan bahwa mainan memiliki peran penting dalam membantu anak dalam mempelajari hal-hal baru. Berikut adalah beberapa mainan yang membantu anak selama tahun-tahun utama pertumbuhan:

1. Boneka Anak-anak memiliki kecenderungan untuk “memanusiakan” benda-benda mati. Nantinya mainan-mainan ini akan menjadi teman mereka dan anak mulai berinteraksi. Mainan seperti boneka adalah cara terbaik dalam mempersiapkan mereka sebelum benar-benar berinteraksi dengan orang-orang.

2. Building Blocks Building blocks memiliki manfaat dalam meningkatkan keterampilan motorik anak. Merakit blok dan menciptakan sesuatu dari blok sesuai dengan imajinasi mereka sendiri juga membantu dalam meningkatkan keterampilan kognitif.3. BolaHindari bola plastik dan pilihlah bola lembut yang dapat Anda pompa. Karena anak-anak memiliki kecenderungan untuk memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut. Bola plastik mungkin bisa menyakiti gusi lembut mereka. Cobalah permainan lempar-tangkap bola. Permainan ini akan membantu anak mengembangkan keterampilan motorik kasar mereka.

4. Mainan Bersuara Beberapa mainan yang bersuara nyatanya untuk membantu mengembangkan keterampilan sensorik anak. Sejak kemampuan anak untuk mendengar berkembang, mainan-mainan yang bersuara merupakan salah satu mainan yang harus dimiliki.

5. Buku Membacakannya cerita bahkan ketika mereka baru lahir ternyata baik untuk kemampuan daya ingatnya. Anda juga bisa bertukar peran menjadi pendengar ketika anak sudah mulai belajar dan bisa membaca. Mintalah mereka untuk membacakan sebuah cerita pada Anda.  Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama. Anda bahkan dapat berpakaian seperti karakter dalam cerita dan memainkan karakter untuk lebih memahami karakter dan mengenalkannya pada anak.

(magforwomen.com)