Find Us On Social Media :

7 Gejala Yang Menandakan Kita Sedang Stres

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 24 Mei 2016 | 11:30 WIB

7 Gejala Yang Menandakan Kita Sedang Stres

Intisari-Online.com – Kita mengalami stres kehidupan sehari-hari dari berbagai sumber yang berbeda. Bisa jadi pekerjaan, hubungan, keuangan, dsb. Efek stres yang dialami setiap orang juga pasti berbeda. Namun ternyata, ada 7 gejala paling umum yang terjadi saat kita dilanda stres. Berikut ulasannya!

1. Sakit Kepala

Sering mengalami sakit kepala bisa jadi berhubungan dengan stress. Jika kita cukup sering mengalami sakit kepala khususnya yang menyebabkan kepala kita terasa tegang, kemungkinan besar penyebab utamanya adalah stres.

2. Sering demam dan flu

Benar sekali jika dikatakan bahwa stres dan sistem imun sangat erat hubungannya. Jadi, jika kita serang berada dalam tekanan stres yang tinggi, kita cenderung lebih sering sakit. Penyakit umum seperti demam dan flu bisa jadi langganan tetap tubuh kita jika stres tidak diatasi.

3. Gangguan tidur

Kita sering mengalami gangguan tidur seperti tidak bisa tidur, mimpi buruk, bahkan tidur yang tidak nyenyak? Salah satu penyebabnya adalah stres. Kondisi tubuh yang stress membuat kualitas tidur terganggu, sebab stres biasanya sangat mempengaruhi kondisi pikiran dan perasaan kita tanpa kita sadari.

4. Merasa cemas

Jika kita terlalu sering merasa cemas, itu bisa jadi karena kita memiliki begitu banyak faktor stres. Cemas memang wajar, namun jika kecemasan terjadi begitu sering dan terasa sangat mengganggu, inilah saatnya konsultasi, baik dengan dokter maupun psikolog.

5. Lambat berpikir

Saat kita sedang stres, tubuh kita menghasilkan hormon yang membuat kita bertindak dengan cepat namun lambat untuk berpikir. Itulah sebabnya, kebanyakan orang yang sedang stres, melakukan tindakan yang di luar kendali tanpa berpikir terlebih dahulu.

6. Merasa frustasi