Find Us On Social Media :

Bersyukur, Cara Paling Mudah untuk Hidup Lebih Bahagia

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 24 Mei 2016 | 15:00 WIB

Bersyukur, Cara Paling Mudah untuk Hidup Lebih Bahagia

Intisari-Online.com – Salah satu cara paling mudah untuk hidup lebih bahagia adalah mengucap syukur atas segala situasi dan kondisi. Mensyukuri hal yang baik, walaupun kecil, adalah lebih naik ketimbang fokus pada kondisi yang menyusahkan. Namun apakah bersyukur semudah mengucapkannya?

Berikut lima cara yang dapat Anda lakukan, untuk memulai hidup yang penuh dengan rasa syukur:

* Menuliskan rasa syukur setiap hari

Pergilah membeli buku catatan khusus, yang desainnya Anda sukai, sehingga Anda ingin menulisnya setiap hari. Dalam buku catatan itu, setiap malamnya, tulislah setiap hal yang Anda syukuri di hari itu. Ya, mungkin menuliskan sedikitnya lima hal yang bisa Anda syukuri. Semakin Anda konsisten menuliskan ini, rasakanlah semakin banyak Anda bersyukur.

* Latihan bahagia dengan berterimakasih pada orang lain via surat

Dalam sebuah studi yang dilakukan Martin Selgiman, seorang psikolog yang mengembangkan pelatihan bahagia, menyatakan bahwa mengatakan rasa syukur dan terimakasih kita pada orang lain yang kepadanya kita tidak pernah mengucapkan terimakasih merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kebahagiaan.

Kirimlah surat atau email kepada orang-orang yang mungkin sudah terlupakan bagi Anda. Lakukan ini rutin seminggu atau sebulan sekali.

* Ucapkan terimakasih untuk kehadiran seseorang dalam hidup Anda dalam hati

Bahkan hanya memikirkan dan merasakan rasa syukur sudah sangat membantu. Sementara menulis jurnal harian dan mengirimkan surat pada orang lain akan sangat mempengaruhi mood Anda, secara sederhana dengan membayangkan seseorang yang Anda syukuri kehadirannya bisa memicu kebahagiaan dalam diri Anda.

* Berterimakasih pada diri sendiri

Ambil waktu setiap harinya untuk bersyukur dan berterimakasih pada diri Anda sendiri dan lihatlah efek positif yang dapat Anda rasakan setelah itu.

* Bersyukur melalui doa