Find Us On Social Media :

Tips Asyik Mengembangkan Potensi Diri

By Wahyuni Sahara, Rabu, 25 Mei 2016 | 07:00 WIB

Tips Asyik Mengembangkan Potensi Diri

Intisari-Online.com – Meski berbeda-beda pada masing-masing orang, potensi tetaplah anugerah besar yang diberikan Tuhan kepada setiap manusia untuk membuat hidup menjadi bermakna.

Sayangnya, tidak banyak dari kita yang mengetahui cara mengembangkan potensi di dalam dirinya. Kita sibuk mengikuti langkah orang lain dalam menempuh perjalanan hidup. Padahal sudah jelas, jalan hidup untuk masing-masing orang pasti berbeda.

Agar kita mengetahui cara terbaik untuk mengembangkan potensi di dalam diri, mari simak beberapa tips  asyik di bawah ini.

1. Manfaatkan media baru

Di zaman yang perkembangannya sedemikian cepat, hindari kebiasaan mengurung diri dan “menyepi”.  Hal itu bukanlah cara cerdas untuk mengembangkan diri. Kita yang tidak up date  pada informasi, teknologi, dan ilmu-ilmu baru, pasti akan tertinggal. Bagi yang tidak mengikuti berbagai perkembangan zaman, ada baiknya untuk memulai saat ini.

2. Temukan buku baru

Kita sering mendengar ungakapan bahwa buku adalah jendela dunia. Untuk itu rajinlah membaca berbagai buku baru. Tanpa membaca, kita tidak mengetahu apa-apa.

3. Gali informasi sebanyak mungkin

Banyak informasi yang kita dapatkan dari berbagai sumber saat ini. Manfaatkan kecanggihan internet secara cerdas untuk menggali lebih banyak hal yang sudah ada di dunia. Ada banyak informasi yang dapat kita gali yang dapat memberikan inspirasi untuk diri kita.

4. Sharing

Sering berkumpul dan bertukar pendapat ataupun pemikiran dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, juga menyerap sebanyak mungkin ilmu, pendapat, dan pemikiran orang lain, lalu mengolah dan menggabungkannya dengan pemikiran dan ilmu yang sudah dimiliki. Cara inilah yang menjadi pencetus terjadinya inovasi untuk menemukan sesuatu yang baru dari segala hal yang sudah ada.