Find Us On Social Media :

10 Langkah Tingkatkan Keterampilan Bersosialisasi (1)

By Monalisa Darwin D, Selasa, 24 Mei 2016 | 07:00 WIB

10 Langkah Tingkatkan Keterampilan Bersosialisasi (1)

Intisari-Online.com - Seseorang yang dapat bersosialisasi dengan baik adalah perilaku yang sangat penting saat ini. Kita hidup tidak sendiri, namun bersama orang-orang di sekitar. Oleh karenanya, meningkatkan keterampilan bersosialisasi dalam diri harus dilakukan agar kita juga mampu berinteraksi dengan baik terhadap orang lain. Lalu bagaimana caranya?

1. Memiliki sikap positif

Sikap dan pikiran positif menjadi modal utama kita dalam keseharian. Bersikap positif dapat membantu kita dalam berkomunikasi dengan baik di dalam lingkungan sosial. Hal positif akan membawa kita meningkatkan suasana selama komunikasi berlangsung.

2. Fokus pada bahasa tubuh

Bahasa tubuh juga menjadi penting selama berinteraksi dengan orang lain. Bahasa tubuh yang kita tunjukkan dapat memberikan maksud tertentu dalam menunjukkan sesuatu. Oleh karena itu, tunjukkan bahasa tubuh sebaik mungkin agar membantu dalam meningkatkan keterampilan sosial.

3. Berpikiran terbuka

Selama interaksi sosial, memiliki pikiran yang terbuka akan membuat komunikasi menjadi lebih efektif. Kita berinteraksi dengan banyak orang dan dari berbagai kalangan, sehingga dengan memiliki pikiran yang terbuka kita akan mampu menyeimbangkan segala pembahasan dengan baik. Jadi, berpikiran terbuka akan membantu meningkatkan keterampilan bersosialisasi kita.

4. Menghormati orang lain

Menghormati orang lain dan lawan bicara dapat menghilangkan hambatan dalam komunikasi. Menghormati dan menghargai orang lain adalah komponen terpenting dalam membangun keterampilan bersosialisasi. Salah satunya adalah dengan memberikan waktu pada lawan bicara hingga ia selesai dengan pendapatnya.

5. Menanggapi lawan bicara

Memberi tanggapan atau respon terhadap orang lain yang terlibat dalam komunikasi kita adalah tindakan yang sangat harus dilakukan. Terlepas dari kita setuju atau tidak dengan pendapat yang dikemukakan oleh lawan bicara, kita tetap harus memberi respon. Ketika kita menanggapi lawan bicara, mereka juga akan melakukan hal yang sama kepada kita, dengan ini interaksi pun akan berjalan efektif.