Find Us On Social Media :

10 Langkah Tingkatkan Keterampilan Bersosialisasi (2)

By Monalisa Darwin D, Selasa, 24 Mei 2016 | 07:30 WIB

10 Langkah Tingkatkan Keterampilan Bersosialisasi (2)

Intisari-Online.com - Seseorang yang dapat bersosialisasi dengan baik adalah perilaku yang sangat penting saat ini. Kita hidup tidak sendiri, namun bersama orang-orang di sekitar. Oleh karenanya, meningkatkan keterampilan bersosialisasi dalam diri harus dilakukan agar kita juga mampu berinteraksi dengan baik terhadap orang lain. Lalu bagaimana caranya?

6. Mendengarkan secara aktif

Membangun keterampilan bersosialisasi juga memerlukan keaktifan mendengar. Ketika mendengarkan lawan bicara, maka mereka merasa dihargai dan kita akan mendapatkan perlakuan yang sama pula pada akhirnya.

7. Berpenampilan rapi

Dalam beberapa kesempatan yang melibatkan kita dalam interkasi sosial, gunakanlah pakaian yang rapi dan sopan. Penampilan akan menunjukkan kesan pertama yang baik dan selanjutnya akan membangun interaksi sosial yang baik pula.

8. Memiliki bahasa yang baik

Berbicara harus diatur sedemikian rupa. Kita harus mampu mengetahui dengan siapa kita berbicara, sehingga mampu mengatur bahasa atau pemilihan kata yang akan diucapkan. Ini kemudian akan menjauhkan kita dari berbagai penghalang interaksi.

9. Gunakan komunikasi non-verbal

Komunikasi tidak sebatas kata-kata atau ucapan, namun juga termasuk komunikasi non-verbal, seperti mimik wajah, dimana memainkan peranan penting dalam interaksi sosial. Perilaku kita menjadi bentuk komunikasi non-verbal, yang kemudian harus diperhatikan.

10. Beradaptasi dengan lingkungan

Beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar selama interaksi berlangsung adalah cara tepat untuk meningkatkan keterampilan bersosialisasi kita. Ketik mampu menyesuaikan diri, maka kita akan merasa nyaman selama komunikasi berlangsung. (magforwomen.com)