Find Us On Social Media :

Enam Kesalahan yang Dilakukan Orang Tua Kepada Anaknya yang Wajib Kita Hindari (1)

By Monalisa Darwin D, Jumat, 27 Mei 2016 | 06:30 WIB

Enam Kesalahan yang Dilakukan Orang Tua Kepada Anaknya yang Wajib Kita Hindari (1)

Intisari-Online.com - Orang tua dan anak harus saling menjaga hubungan, termasuk dalam menunjukkan kasih sayang, bersikap, serta memberi tanggung jawab. Ada enam kesalahan yang dilakukan orang tua kepada anaknya yang harus segera dihentikan. Bahkan mungkin kesalahan ini menjadi hal yang sederhana dalam keseharian, namun sangat memengaruhi hubungan orang tua dan anak.

1. Memberi tanggung jawab yang sedikit pada anak-anak

Tidak berarti memaksa atau menuntut pada anak, namun orang tua tidak boleh memanjakan anaknya, sehingga harus memberikan tanggung jawab. Dengan demikian, anak akan belajar tentang kerja keras serta dapat membentuk anak menjadi seorang yang mandiri. Biarkan anak belajar dan mencoba menghadapi dunia luar.

2. Tidak beradaptasi dengan waktu untuk memahami generasi sekarang

Ketika tidak memahami generasi saat ini, orang tua akan sulit berinteraksi serta berbagi bersama anaknya. Ada banyak hal yang dilakukan, mulai dari membaca informasi terbaru, terlibat dalam beberapa kelompok, dan belajar untuk berpikir seperti remaja. Jika orang tua tidak melakukannya, maka akan sulit mengetahui apa yang anak pikir, rasa, dan inginkan dalam kehidupannya.

3. Tidak memiliki waktu dengan keluarga

Orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya, hingga harus menitipkan anak atau tidak memantau perkembangan sekolah atau kursus anak, ini adalah kesalahan besar. Meski orang tua memiliki cukup uang untuk membayar guru atau pengasuh, namun kehadiran orang tua adalah yang terpenting dalam pertumbuhan anak. Tak ada yang bisa menggantikan kasih sayang orang tua karena mereka memiliki ikatan batin dengan anaknya. Sediakanlah waktu untuk dapat bersama anak-anak, entah itu bermain, berkomunikasi, berlibur, dan lainnya.