Find Us On Social Media :

Enam Kesalahan yang Dilakukan Orang Tua Kepada Anaknya yang Wajib Kita Hindari (2)

By Monalisa Darwin D, Jumat, 27 Mei 2016 | 07:00 WIB

Enam Kesalahan yang Dilakukan Orang Tua Kepada Anaknya yang Wajib Kita Hindari (2)

Intisari-Online.com - Orang tua dan anak harus saling menjaga hubungan, termasuk dalam menunjukkan kasih sayang, bersikap, serta memberi tanggung jawab. Ada enam kesalahan yang dilakukan orang tua kepada anaknya yang harus segera dihentikan. Bahkan mungkin kesalahan ini menjadi hal yang sederhana dalam keseharian, namun sangat memengaruhi hubungan orang tua dan anak.

4. Menghukum anak

Ketika anak melakukan kesalahan, berikanlah hukuman yang sesuai dan tidak dengan kata kasar apalagi hukuman fisik yang berlebihan. Memberikan hukuman kepada anak akan mengajarkan mereka tentang pentingnya konsekuensi yang harus mereka terima atas apa yang mereka lakukan. Berikanlah hukuman yang akan membuat mereka belajar, seperti mereka harus mencuci pakaian sendiri selama beberapa hari atau tidak boleh bermain video games beberapa saat. Dengan demikian, anak akan terbiasa untuk mematuhi peraturan dalam kesehariannya.

5. Melampiaskan kemarahan kepada anak

Apapun masalah yang dihadapi orang tua, entah itu masalah pekerjaan, keuangan, dan sebagainya, orang tua tidak harus melampiaskan kemarahannya pada anak. Rumah adalah tempat untuk berbagi waktu bersama keluarga, bukan untuk mencampurkannya dengan urusan pekerjaan dan lainnya. Anak tidak seharusnya terlibat dalam kemarahan orang tua, karena mereka juga tidak tahu apa-apa. Bertindaklah secara dewasa, yang kemudian juga akan menjadi contoh untuk anak.

6. Mengharapkan nilai terlalu tinggi

Pendidikan anak memang adalah hal yang penting dan modalnya untuk masa depan. Namun, orang tua juga harus aktif ikut berpartisipasi dalam partisipasi anak, mengajarinya, memantau perkembangan belajarnya, dan mengetahui bakat yang dimiliki masing-masing anak. Jangan pula memaksa anak dengan keinginan jurusan atau pendidikan yang diinginkan orang tua, karena hanya akan membuat anak tertekan hingga depresi.

Nah, itulah enam kesalahan yang dilakukan orang tua kepada anaknya. (magforwomen.com)