Find Us On Social Media :

10 Ciri Ini Dimiliki oleh Orang Kreatif, Apakah Anda Termasuk? (1)

By Tika Anggreni Purba, Senin, 30 Mei 2016 | 14:30 WIB

10 Ciri Ini Dimiliki oleh Orang Kreatif, Apakah Anda Termasuk? (1)

Intisari-Online.com – Dalam buku The Work and Lives of 91 Eminent People, psikolog Mihaly Csikszenttmihalyi menyatakan bahwa dalam seluruh aktivitas manusia, kreativitas merupakan hal yang penting untuk mencapai kepuasan akan hidup. Kreativitas membuat seseorang mampu meregangkan pikiran, melakukan sesuatu yang baru dan menyenangkan, dan menyemangati dirinya sendiri untuk mengembangkan seluruh potensinya. Apakah kreativitas bisa dikembangkan? Tentu saja bisa! Yuk simak 10 ciri orang kreatif  berikut ini!

1. Orang kreatif penuh energi namun tetap fokus

Orang kreatif penuh energi baik fisik maupun mental. Mereka bisa menghabiskan banyak waktu untuk sesuatu hal yang menarik perhatiannya. Walaupun ia juga terlihat tertarik dengan banyak hal, bukan berarti orang kreatif menjadi sangat hiperaktif. Mereka justru mampu membagi waktunya untuk hal-hal yang memang disukainya, tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

2. Orang kreatif cerdas tapi polos

Orang yang kreatif cenderung cerdas, namun belum tentu mereka memiliki IQ yang tinggi. Jadi orang kreatif tidak ditentukan dengan level IQ nya,tapi terbentuk dari kebijaksanaan dan kepolosannya. Orang kreatif  juga mampu mengendalikan diri mereka untuk mengatasi rasa penasaran dan keraguannya. Singkatnya, orang kreatif adalah orang yang bijak.

3. Orang kreatif senang bercanda, tapi disiplin

Orang kreatif senang untuk bermain dan bercanda namun mereka juga sangat disiplin ketika mengerjakan sebuah proyek. Ia juga penuh tekad dan sabar. Sehingga ia rela menghabiskan banyak waktu bahkan sampai begadang hingga ia puas akan pekerjaannya. Mereka sadar betul bahwa kreativitas sejati adalah kombinasi dari hal yang menyenangkan tapi disertai dengan kerja keras.

4. Orang kreatif adalah pemimpi yang realistis

Orang kreatif memang suka menghayal dan membayangkan berbagai kemungkinan yang bisa di lakukan di dunia ini. Namun mereka juga mampu untuk membedakan fantasi dan kenyataan, lo. Mereka biasanya digambarkan dengan orang yang penuh dengan mimpi-mimpi, namun bukan berarti ia hanya hidup dengan khayalan. Kadang-kadang mimpi dan harapan mereka malah relevan untuk mengatasi persoalan di dunia nyata.

5. Orang kreatif  biasanya ekstrover sekaligus introver

Kita tahu bahwa umumnya kepribadian terbagi menjadi dua kategori yaitu ekstrover dan introver. Namun orang kreatif biasanya adalah kombinasi kedua kepribadian ini. Penelitian menunjukkan kedua kepribadian yang menyatu itu justru mampu dikendalikan oleh orang yang kreatif. Mereka bisa sangat peduli sekaligus cuek, sangat bersahabat sekaligus tenang. Banyak orang yang terinspirasi dengan kepribadiannya yang fleksibel ini.