Find Us On Social Media :

Berpikir Positif Bikin Hidup Kita Lebih Berkualitas

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 14 Juni 2016 | 14:20 WIB

Berpikir Positif Bikin Hidup Kita Lebih Berkualitas

Intisari-online.com — Anda mungkin pernah mendengar seseorang mengingatkan Anda untuk melihat segala sesuatu dari sisi positif. Benar sekali kalau berpikir positif memiliki banyak sekali manfaat. Baik itu manfaat bagi kesehatan maupun aspek lainnya dalam hidup.

Banyak penelitian yang menemukan bahwa berpikir positif membuat kita lebih sehat dan tidak mudah terserang stres. Selain itu, kesehatan mental juga lebih terjaga. Kualitas hidup juga semakin baik, seiring kita berjuang untuk terus berpikir positif. Apa saja keuntungannya?

1. Mengatasi stres dengan lebih baik

Ketika menghadapi situasi yang membuat stres, orang yang berpikir positif dapat mengatasi persoalan ini dengan lebih baik ketimbang orang yang berpikir negatif. Ia cenderung lebih optimis. Dengan berpikir positif dan optimis kita akan dimampukan untuk menghadapi kekecewaan sekalipun bukan dengan mengasihani diri sendiri, tapi berjuang bangkit dan menyelesaikan masalah.

Ketimbang bertahan dalam kondisi frustasi atau sesuatu yang tidak bisa diubah, ia merasa lebih baik menyiapkan rencana untuk menyelesaikan permasalahan. Sedangkan orang pesimis akan mengansumsikan situasi sulit sebagai sesuatu yang tidak bisa dikontrol, sehingga ia sangat mudah untuk menyerah.

2. Menjadikan kita lebih optimis sehingga sistem imun meningkat

Dalam  beberapa tahun terakhir, banyak peneliti yang menemukan bahwa bagaimana cara kita  berpikir akan mempengaruhi kesehatan fisik kita juga. Sistem imun merupakan salah sangat berpengaruh dalam kondisi kesehatan kita. Nah, perlu diketahui bahwa ternyata pikiran dan emosi yang negatif membuat sistem imun kita semakin lemah.

3. Berpikir positif sangat baik untuk kesehatan

Tidak hanya menolong kita menjadi lebih mampu untuk mengatasi stres dan meningkatkan sistem imun, berpikir positif juga sangat berpengaruh untuk seluruh kesehatan kita baik fisik maupun mental. The Mayo Clinic melaporkan bahwa pikiran positif mengurangi risiko kematian karena penyakit kardiovascular, mengurangi depresi, dan meningkatkan harapan hidup.

4. Membuat kita lebih tegar dan kuat

Berpikir positif membuat kita semakin mampu mengatasi permasalahan dan krisis dengan ketegaran dan keteguhan hati. Ketimbang jatuh dalam keterpurukan, seorang yang berpikir positif lebih mampu untuk membawa dirinya untuk menghadapi situasi yang membuat stres itu. Dengan pikiran yang positif, kita akan semakin optimis dan berjuang untuk menghadapi permasalahan sebagai sebuah tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan.

Ketimbang menolak kenyataan, lebih baik untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dengan berpikir lebih positif. Ingatlah bahwa sesuatu yang buruk selalu memilki kemungkinan untuk terjadi. Kekecewaan pun mungkin tidak terelakkan. Tapi bukan berarti masa krisis ini membuat dunia ini terasa runtuh dan semuanya telah berakhir. Berpikirlah positif, bahwa tidak ada permasalahan yang tidak ada solusinya.

(verywell.com)